Polisi Siapkan Antisipasi Macet di Pintu Tol Kertasari
Sejumlah pekerja sedang menyelesaikan pekerjaannya supaya Gate Tol di Kertasari itu secepatnya bisa dioperasikan. (Medcom.id /Kuntoro Tayubi)
Tegal:Polisi  menyiapkan langkah untuk mengantisipasi kemacetan di Gerbang Tol Pejagan-Pemalang di Kertasari, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Kendaraan akan diarahkan keluar di exit tol Brebes Timur (Brexit) sebelum menumpuk di Kertasari.

Kasat Lantas Polres Tegal AKP Ahmad Ghifar mengatakan, keberadaan Gerbang Tol di Kertasari berpotensi menyebabkan penumpukan kendaraan saat lonjakan arus mudik. "Yang kita antisipasi di Kertasari adalah penumpukan kendaraan karena adanya antrean, kemudian kehabisan BBM, dan kecelakaan," kata Ghifar saat dihubungi, Minggu 3 Juni 2018. 


Ghifar menuturkan, jika penumpukan kendaraan di Gerbang Tol Kertasari mencapai 5 kilometer, maka kendaraan pemudik akan diarahkan keluar di Brexit.  "Di exit Kalimati tidak bisa. Jadi semuanya dikeluarkan di Brexit," ujarnya.

Sementara untuk mengantisipasi pemudik kehabisan BBM, Pertamina akan mendirikan kios BBM yang dilengkapi mobile dispenser dan BBM kemasan di sejumlah titik di jalur mudik tol. Selain itu disiagakan juga BBM motorist dengan BBM kemasan.

"Untuk mencegah kecelakaan, kita harapkan pemudik untuk memanfaatkan rest area-rest area yang ada jika sudah lelah atau mengantuk," ujarnya.

Gate Tol Kertasari merupakan gardu pembayaran terakhir setelah Brexit. Meski lokasinya berada di Kabupaten Tegal, tapi tarif tidak akan diberlakukan saat arus mudik nanti. Pembayarannya masih menggunakan tarif Palimanan-Brexit. Adapun jumlah gardu di gate tol itu sebanyak 13 unit.




(LDS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id