Istimewa. (Istimewa)
Istimewa. (Istimewa)

Serentak, 269 Ribu Kendaraan Diprediksi Kembali ke Jabotabek Pada 8 Mei

Ramadan lalu lintas DKI Jakarta arus balik jasa marga Lebaran 2022 Mudik Lebaran 2022 Info Mudik
Fachri Audhia Hafiez • 04 Mei 2022 16:24
Jakarta: PT Jasa Marga memprediksi lebih dari 269 ribu kendaraan akan kembali serentak ke Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabotabek) pada puncak arus balik Minggu, 8 Mei 2022. Jumlah itu diperkirakan akan lebih tinggi dari lalu lintas normal.
 
"Prediksi untuk jumlah kendaraan yang kembali ke Jabotabek pada hari tersebut adalah sebanyak 269.444 kendaraan, naik 53,6 persen dari lalu lintas normal," kata Corporate Communication and Community Development Group Head PT Jasa Marga, Dwimawan Heru, melalui keterangan tertulis, Rabu, 4 Mei 2022.
 
Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari beberapa Gerbang Tol (GT) barrier atau utama. Yaitu, GT Cikupa arah Merak, GT Ciawi arah Puncak, serta GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama arah Trans Jawa dan Bandung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Heru, mayoritas kendaraan akan berasal dari arah timur atau Trans Jawa dan Bandung. Distribusi kendaraan yang mengarah ke Jabotabek mencapai 64,64 persen.
 
"Prediksi kendaraan dari arah timur mencapai 64,64 persen dari total lalu lintas. Sementara, untuk dari arah barat sebesar 21,35 persen dan dari arah selatan sebesar 14,02 persen," terang Heru.
 
Baca:Pemudik Diimbau Pulang Sebelum atau Setelah Puncak Arus Balik
 
Kendaraan dari arah timur tersebut akan melalui GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama. Diperkirakan 174.157 kendaraan akan melewati GT tersebut.
 
"Tidak hanya terjadi di hari Minggu, peningkatan lalu lintas juga diprediksi sudah terjadi pada H+3 dan H+4 atau pada Jumat-Sabtu, 6-7 Mei 2022, dengan peningkatan kendaraan yang tidak jauh dengan puncak arus balik di 8 Mei 2022," ujar Heru.
 

(LDS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif