"Sebagai bentuk pelayanan, PT KAI Daop 1 Jakarta mengoptimalkan fungsi layanan lost and found untuk mengelola barang penumpang tertinggal yang berhasil diamankan petugas," kata Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangan resmi, Kamis, 28 April 2022.
Eva mengatakan hingga 22 April 2022, tercatat 35 barang milik pemudik tertinggal dan diamankan petugas. Sebanyak 16 di antaranya sudah dikembalikan ke pemilik. Barang tertinggal yang ditemukan tak jarang merupakan jenis barang berharga seperti laptop, handphone, perhiasan, koper/tas, jam tangan dan dompet.
Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?
Ia mengatakan petugas pengamanan stasiun selalu melakukan pemeriksaan secara berkala di area ruang tunggu dan di atas gerbong. Saat kereta tiba di stasiun tujuan akhir, petugas akan melakukan pengecekan di setiap rangkaian untuk memastikan tidak ada barang bawaan penumpang yang tertinggal.
Apabila ada laporan dari pelanggan mengenai barang bawaan tertinggal, kata dia, petugas KAI akan melakukan koordinasi dan pencarian. Jika dapat ditemukan saat itu juga, maka langsung diserahkan kembali kepada pelapor. Jika barang belum bisa ditemukan, akan dilakukan konfirmasi melalui telepon kepada pelapor terkait perkembangan penanganannya,
"Jika diketemukan maka untuk proses penyerahan pelanggan wajib menunjukkan kartu identitas dan proses verifikasi kepemilikan barang," ujar dia.
Baca:1,5 Juta Orang Sudah Mudik Hingga H-5 Lebaran
KAI akan langsung memberikan pengumuman atas penemuan barang tersebut melalui pengeras suara. Jika tidak ada pihak yang mengambil, maka barang akan disimpan di pos pengamanan stasiun dan masuk database lost and found milik KAI. Hal ini bertujuan untuk mempermudah dalam melacak barang hilang.
"Database ini dapat diakses oleh seluruh wilayah kerja KAI, sehingga pelapor yang merasa kehilangan barang dapat melaporkan barang tersebut di seluruh stasiun," jelas dia.
Daop 1 Jakarta mengimbau para pemudik selalu memperhatikan barang bawaan ketika melakukan perjalanan, baik di lingkungan stasiun maupun selama dalam perjalanan KA. Penumpang diimbau tidak membawa barang bawaan berlebih.
Pada masa mudik Lebaran 2022, jumlah pemudik dengan kereta api melonjak drastis. Sekitar 320 ribu tiket yang sudah terjual dengan tanggal keberangkatan favorit 27, 28, 29, 30 April dan 1 Mei 2022.
Seluruh barang bawaan merupakan tanggung jawab penumpang. Bagi para pelanggan yang merasa kehilangan atau tertinggal barang di dalam kereta atau stasiun, dapat melaporkan kepada petugas, antara lain kondektur yang sedang berdinas di atas KA, atau petugas pengamanan polisi khusus kereta api (Polsuska) yang ada di stasiun, atau dapat melalui Contact Center KAI 121.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News (AGA)