Ilsutrasi. Pasar tumpah di Brebes, Jawa Tengah
Ilsutrasi. Pasar tumpah di Brebes, Jawa Tengah

Waspadai 14 Titik Rawan Macet Saat Mudik di Jawa Tengah

Ramadan Mudik Lebaran 2019
Akhmad Safuan • 16 Mei 2019 13:05
Brebes: Sebanyak 14 titik di sepanjang jalur mudik di Jawa Tengah diprediksi rawan macet. Penyebabnya karena ada pasar tumpah, kepadatan lalu lintas, dan pintu keluar tol.
 
Kepala Dinas Perhubungan Jawa Tengah Satrio Hidayat mengatakan ke-14 titik tersebut ialah, di Exit Tol Brebes, Krapyak dan, Kaligawe (Semarang), Bawen (Kabupaten Semarang), diperkirakan mengalami kepadatan cukup tinggi. Penyebabnya di pintu keluar tol, kendaraan akan menuju beberapa daerah seperti Kota Semarang, Surakarta, Yogyakarta, Kudus, dan Purwokerto.
 
Untuk mengurangi penumpukan di exit tol Bawen yang hanya berjarak 200 meter dengan terminal Bawen akan dilakukan pengalihan arus. Contohnya kendaraan ke arah Yogyakarta dapat dialihkan keluar tol Weleri-Parakan-Temanggung-Magelang dan terakhir Yogyakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dari jalur itu tersedia jalan selebar 7 meter dan penerangan 30%," kata Satrio.
 
Sedangkan pasar tumpah terjadi di Brebes, Kota Tegal, Wiradesa, dan Pekalongan. Jika tahun lalu kemacetan kendaraan mencapai 10 km, maka diharapkan tahun ini tidak terjadi lagi.
 
"Jalan tol telah siap menampung kendaraan untuk mengurangi kepadatan di jalur pantura," kata Satrio.
 
Adapun kondisi penerangan jalan saat ini, dari 9.800 lampu penerangan jalan yang dibutuhkan, baru tersedia 4.800 lampu.
 
"Kita usahakan ada penambahan lagi termasuk pemasangan pembatas dan scotlite. Juga papan penunjuk jalan ke jalur akternatif baru," imbuhnya.
 
Pihaknya bersama Polisi Daerah Jawa Tengah juga akan melakukan rekayasa lalu lintas, seperti pemberlakukan contra flow hingga pengalihan arus kendaraan pemudik di tiga jalur yang telah ada, yakni Tol Trans Jawa, jalan nasional, dan jalan alternatif di beberapa daerah.
 
"Kita akan tambah papan penunjuk jalan, rambu dan lampu penerangan untuk kelancaran arus mudik lebaran," kata Satrio.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif