Kementerian PUPR Imbau Pemudik Coba Jalur Pansela
Menteri PUPR saat mengecek kesiapan Jalur Pansela. Foto: Dokumen PUPR
Jakarta:Musim mudik lebaran 2018 telah tiba. Sebagai jalur alternatif jalan tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengimbau pemudik mencoba jalur nasional Pantai Selatan.

"Lintas selatan, Pansela (Pantai Selatan), Bapak ibu harus coba karena indah banget karena keindahan pantai selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan DIY itu sendiri," kata Kepala Sub Direktorat Analisa Data dan Pengembangan Sistem Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Nazib Faizal di Forum Merdeka Barat 9, Jakarta, Kamis, 7 Juni 2018.


Nazib menjamin pemudik yang hendak melewati jalur Pansela akan disuguhi pemandangan panorama alam yang luar biasa indah yang diyakini menambah mudik semakin menyenangkan.

"Bila melewati jalur Pansela bapak ibu bisa melihat keindahan  pantai Cilaki, Garut, Cipatujah Sukabumi, Rancabali Subang, dan Ruas gunung kidul Pacitan. Khawatir semua masuk jalan tol baru dari Jakarta.  Padahal jalan nasional saja enggak kalah bagusnya. Banyakobject Instagramable," kata Nazib.

Selain itu Pansela diharapkan sebagai solusi memecah kepadatan lalu lintas di jalur utama dan juga diharapkan sebagai penggerak ekonomi masyarakat.

"Diharapkan dengan adanya Pansela dapat terjadi akslerasi ekonomi di wilayah Selatan. Juga diharapkan bisa memecah traffic di jalan tol," tutur Nazib.

Jalur Pansela nantinya menghubungkan ruas-ruas jalan di pantai selatan seperti Banten, Sukabumi, Yogyakarta, Gunukidul dan khusunya pantai selatan wilayah Jawa Timur seperti Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Malang, Lumajang, Jember dan Banyuwangi.

Adapun total panjang jalan Pansela ialah 1.405 km. Meskipun demikian untuk kesiapan prasarana jalan Pansela, PUPR menjamin kesiapannya sudah mencapai 90 persen. 

"Kemantapan jalan 90 persen. Indikator jalan mantap adalah cukup smooth, goncangan tidak terlalu terasa lelah untuk jalur mudik," tandas Nazib.



(SCI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id