15 Pasar Tradisional di Solo Diprediksi Picu Macet saat Mudik
Ilustrasi pasar tumpah. (ANT/Iggoy el Fitra )
Surakarta:Dinas Perdagangan Kota Surakarta, Jawa Tengah, mewaspadai 15 pasar tradisional yang memicu kemacetan selama arus mudik Lebaran. 15 pasar tersebut adalah hasil evaluasi dan pemetaan pada arus mudik Lebaran tahun lalu, di antaranya Pasar Gede Hardjonagoro, Pasar Jongke, Pasar Kadipolo, Pasar Nusukan, Pasar Joglo, dan Pasar Kleco.

"Pasar-pasar ini lokasinya berada di jalan-jalan utama, sehingga harus diwaspadai jangan sampai terjadi pasar tumpah," kata Kepala Dinas Perdagangan Subagiyo, di Surakarta, Rabu, 30 Mei 2018.


Subagiyo memperkirakan pasar tumpah berpotensi terjadi pada H-7 Lebaran. Dia telah mengintruksikan seluruh lurah pasar untuk mengatisipasi pasar tumpah. 

"Di antaranya dengan memasukkan pedagang dadakan ke dalam pasar terdekat. Tapi, kalau tempatnya tidak mencukupi, mereka akan ditempatkan di trotoar. Yang penting mereka tidak jualan di bahu jalan," ujarnya.

Subagiyo menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan Linmas untuk mengawal kebijakan tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan, Hari Prihatno, menyatakan siap membantu Dinas Perdagangan untuk menangani lalu lintas di sekitar pasar tradisional yang rawan macet. Selain melakukan rekayasa lalu lintas, Dinas Perhubungan akan menerjunkan petugas dari tim rambu di sekitar lokasi.

"Mereka akan disiagakan 24 jam," kata Hari.



(LDS)