58 Kapal Siaga di Pelabuhan Merak
Ratusan kendaraan pemudik mengantri memasuki kapal di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten. Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay.
Jakarta:Pelabuhan Merak, Banten, diprediksi menjadi salah satu pelabuhan yang paling sibuk. Puncak arus mudik di penyeberangan ini diperkirakan terjadi pada sore atau malam hari ini.

"Antisipasi sudah disiapkan di Merak sebanyak 58 kapal," kata Ketua Haria Posko Mudik Angkutan Lebaran 2017 Junaidi di Kementerian Perhubungan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa, 12 Juni 2018.


Otoritas pelabuhan mengoperasikan enam dermaga untuk mengurai penumpukan kendaraan. Selain itu, otoritas pelabuhan juga mengantisipasi jika terjadi antrean panjang di Pelabuhan Merak.

"Apabila terjadi antrean panjang sudah disediakan buffer zone atau kantong parkir, sudah disiapkan di Merak," jelas Junaidi.

Baca:Jumlah Pemudik di Lebak Bulus Meningkat

Sementara itu, hingga H-4 Lebaran 2018, pengguna jasa angkutan penyeberangan menurun hingga 29,13 persen. Junaidi memprediksi penurunan jumlah pemudik karena masih banyak perusahaan swasta yang belum meliburkan karyawannya.

"Barangkali H-3 ini dapat diprediksi ada lonjakan untuk penyeberangan," kata Junaidi.





(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id