Kemenhub Siapkan Pengamanan Mudik Malam Hari
Sebuah bus sedang bersiap di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur, Sabtu, 2 Juni 2018. Medcom.id/Muhammad Reysa.
Jakarta: Kementerian Perhubungan akan meningkatkan pengamanan di terminal pada malam hari jelang mudik Lebaran 2018. Pos koordinasi akan didirikan di setiap terminal untuk memastikan keamanan.

Direktur Lalu Lintas Darat Kemenhub Pandu Yunianto mengatakan pos itu akan menjaga pemudik yang belum mendapatkan kendaraan. Kemenhub telah berkoordinasi dengan sejumlah instansi terkait untuk mewujudkan hal ini.


"Entah nanti bentuknya tenda, atau ruang- ruang yang tersedia di terminal," kata Pandu di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu, 2 Juni 2018.

Pandu menambahkan pos ini tak hanya menjaga keamanan buat pemudik. Tapi, juga bisa digunakan pengemudi yang memilih melakukan perjalanan pagi. 

Selain itu, Kemenhub juga memperbaiki beberapa fasilitas penunjang di sejumlah titik. Pandu mencontohkan penambahan penerangan di beberapa ruas tol yang diprediksi ramai dilalui kendaraan saat mudik.

“Kami sudah pasang beberapa patok- patok jalan, dan akan di tambahkan pemancar cahaya di beberapa jalan tol. Di arteri kita juga sudah pasang penerangan jalan seperti di Indramayu sampai Cirebon”, ungkap Pandu.


(DK Nena Tanda)




(DRI)