GT Cikampek Utama, Karawang, Jabar. (ANT/Muhamad Ibnu Chazar)
GT Cikampek Utama, Karawang, Jabar. (ANT/Muhamad Ibnu Chazar)

Seluruh Gardu di GT Cikampek Utama Dioperasikan

Ramadan Mudik Lebaran 2019 Ramadan 2019
Antonio • 30 Mei 2019 18:24
Bekasi: Sebanyak 28 gardu Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama dioperasikan untuk melayani pengendara arah Cikampek sejak pukul 17.15 WIB, Kamis, 30 Mei 2019. Pengoperasian seluruh gardu menyusul meningkatnya volume kendaraan pada arus mudik Lebaran 2019.
 
Irra Susiyanti, Corporate Communications Department Head Jasa Marga mengatakan, rekayasa lalu lintas satu arah (one way) di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek diberlakukan atas diskresi kepolisian sejak pukul 08.00 WIB pagi tadi, hingga saat ini masih berlangsung.
 
Sebelumnya, Jasa Marga mengoperasikan 24 dari jumlah total 28 Gardu Tol Operasi. Empat gardu tol lainnya digunakan untuk melayani kendaraan arah Jakarta atas diskresi kepolisian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Memasuki jam favorit pengguna jalan untuk melakukan perjalan mudik serta untuk mengantisipasi kepadatan yang terjadi, Jasa Marga atas diskresi kepolisian pun saat ini mengoperasikan total 28 Gardu Tol Operasi untuk dapat melayani transaksi arah Cikampek dengan lebih maksimal," kata Irra melalu keterangan tertulisnya.
 
Ia menjelaskan, pemberlakuan ini diputuskan dengan memastikan lajur sebaliknya (arah Jakarta) telah steril. Sehingga tidak ada pengguna jalan yang terjebak dalam perjalanan ke Jakarta.
 
Sementara itu untuk rekayasa lalu lintas contra flow, dua lajur telah beroperasi maksimal hingga titik awal contraflow dari Km 34 800 hingga terintegrasi dengan jalur one way di Km 70.
 
"Dengan kombinasi dua rekayasa lalu lintas, one way dan contraflow yang saat ini beroperasi maksimal, Jasa Marga dan kepolisian pun menempatkan petugas di titik rawan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan," ujarnya.
 
Menurut dia, kepolisian akan menindak tegas pengguna jalan yang berhenti di bahu jalan dan di luar rest area. "Karena dapat mengganggu atau membahayakan pengguna jalan lainnya dan menimbulkan kepadatan di lajur," tandasnya.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif