Jalur Mudik Brebes Selatan Diprediksi Macet
Jalur Siregol di wilayah selatan Brebes, Jawa Tengah. (Medcom.id/Kuntoro Tayubi)
Brebes:Jalur mudik Brebes wilayah selatan diprediksi macet pada arus Mudik 2018. Selain karena penyempitan jalan, proyek underpass di Karangsawah, Tonjong, Brebes, Jawa Tengah, menjadi pemicu antrean kendaraan yang panjang.

“Hampir dipastikan kendaraan akan mengular panjang jika volume kendaraan tidak diatasi. Karena jalur penghubung Tegal-Purwokerto ini merupakan jalur utama pengendara yang menuju Purwokerto, CIlacap, atau Yogyakarta,” kata pengguna jalan Bahrul Ulum, saat ditemui di Bumiayu Brebes, Rabu, 22 Mei 2018.


Titik kemacetan di perlintasan kereta api (proyek underpass) ini harus menjadi perhatian petugas. Harus ada jalur alternatif atau imbauan untuk tidak melewati jalan tersebut.

Kasat lantas Polres Brebes AKP Rikha Zulkarnaen membenarkan ada potenis kemacetan arus mudik Lebaran 2018 di Brebes wilayah selatan. Dia memperkirakan ada pergeseran titik kemacetan dari yang sebelumnya di pintu keluar Tol Brebes Timur (Brexit) menjadi arah jalur selatan.

“Kami mengimbau kendaraan dari arah barat (Jakarta) yang menuju Purwokerto, Cilacap, maupun Yogyakarta agar tidak menggunakan jalur Brebes bagian selatan,” katanya.

Untuk pemudik yang menuju Yogyakarta, diminta meneruskan perjalanan dari Tol Pejagan-Pemalang-Batang-Semarang, kemudian keluar di pintu Tol Salatiga. 

Sementara bagi para pemudik yang hendak menuju Purwokerto atau Cilacap, dari Jakarta bisa melewati jalur Kuningan-Majenang-Cilacap.

Ia menambahkan pembangunan underpass akan dihentikan pada H-15 lebaran. Namun, potensi kemacetan sangat tinggi. Tapi ia telah menyiapkan rekayasa lalu lintas.

Satlantas akan membuka jalur darurat, yakni melalui jalan desa dari Desa Kawangsawah keluar Pasar Linggapura. Kemudian memasang kerucut bambu (bambu coon) sepanjang jalur antara Margasari (perbatasan Kabupaten Tegal-Brebes) sampai ke Karangsawah tempat pembangunan underpass.

“Personel yang akan disiapkan kurang lebih 150 orang di sepanjang titik rawan tersebut,” ungkapnya.

Dengan akan dioperasionalkannya tol Pejagan hingga Gandulan, Pemalang saat arus mudik, kemacetan diperkirakan bisa terurai dari pintu tol hingga pertigaan Brexit. Jalan arteri juga diperkirakan lengang seperti musim Mudik 2017.



(LDS)