Pelabuhan Merak, Banten. Foto Antara
Pelabuhan Merak, Banten. Foto Antara

Pelabuhan Merak Siapkan Dermaga Khusus Untuk Pemudik Sepeda Motor

Ramadan Mudik Lebaran 2019 Ramadan 2019
Hendrik Simorangkir • 20 Mei 2019 18:21
Tangerang: PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry cabang Merak menyiapkan dermaga VII khusus untuk mengangkut sepeda motor saat arus mudik Lebaran 2019. Dermaga tersebut bisa menampung sekitar 13 ribu kendaraan roda dua.
 
General Manager PT ASDP Indonesia Ferry cabang Merak Solikin mengatakan, pihaknya akan menyiapkan berbagai fasilitas guna keperluan pemudik kendaraan roda dua seperti toilet, tenda, loket, dan lainnya.
 
"Kami juga telah siapkan petugas di tiap pos yang sudah disiapkan untuk melayani para pemudik," ujar Solikin, Senin, 20 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Solikin menjelaskan, pihaknya yakin dermaga VII bisa menampung pemudik kendaraan roda dua. Sebab, lanjutnya, daya tampungnya lebih besar dibandingkan dengan dermaga lainnya.
 
"Tahun kemarin kita menggunakan dermaga VI untuk menampung roda dua. Tapi, tahun ini dermaga VI telah kita khususkan untuk dermaga eksekutif. Artinya, berbagai persiapan sudah kita siapkan untuk melayani masyarakat," katanya.
 
Sementara, General Manager PT ASDP cabang Bakauheni Hasan Lessy menuturkan, ASDP Bakauheni bakal menyiapkan dermaga V untuk mengangkut sepeda motor pada puncak arus balik yang diprediksi terjadi pada H+3 Lebaran 1440 H, Minggu, 10 Juni 2019. Dermaga tersebut berdaya tampung 13 ribu sepeda motor saat puncak arus balik.
 
"Kapasitas saat peak (puncak) season, kami juga akan mempercepat waktu bongkar muat (selling time) menjadi 45 menit dan mengoperasikan kapal-kapal besar diatas 5.000 GT dengan daya tampung 200 sampai 350 mobil per kapal atau 1.800 roda," jelas Hasan.
 
Selain itu, ia menambahkan, loket penjualan tiket kendaraaan maupun penumpang akan ditambah. Seperti loket tiket penumpang jalan kaki ditambah menjadi 14 loket, sepeda motor semula 2 loket ditambah menjadi 14 loket dan loket kendaraan roda empat disiapkan 17 loket.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif