Ilustrasi. Antara/Sigid Kurniawan
Ilustrasi. Antara/Sigid Kurniawan

Sistem Satu Arah di Tol Japek Kembali Diberlakukan

Ramadan Mudik Lebaran 2019
Faisal Abdalla, Antonio • 10 Juni 2019 01:47
Jakarta: PT Jasamarga atas diskresi kepolisian kembali memberlakukan kebijakan rekayasa lalu lintas satu arah (one way) di tol Jakarta-Cikampek. Ini dilakukan lantaran peningkatan volume kendaraan arus balik kembali terjadi di ruas tol tersebut.
 
"Atas diskresi kepolisian, pada pukul 22.30 WIB, PT Jasa Marga (Persero) Tbk kembali memberlakukan rekayasa lalu lintas one way Jalan Tol Jakarta-Cikampek dari Kilometer (KM) 70 GT Cikampek Utama hingga Km 29 Jalan Tol Jakarta-Cikampek," kata Corporate Communications Department Head PT Jasa Marga, Irra Susiyanti di Jakarta, Senin, 10 Juni 2019.
 
Irra mengatakan volume lalu lintas arah Jakarta, khususnya yang berasal dari Timur baik yang melalui GT Cikampek Utama maupun GT Kalihurip Utama meningkat sangat signifikan. Ini disebabkan banyaknya warga yang melakukan arus balik dalam tiga hari terakhir sebelum kembali melakukan aktivitasnya seperti biasa pada hari ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hingga saat ini, kebijakan one way masih terus diberlakukan secara maksimal dari kilometer 414 Gerbang Tol Kalikangkung hingga kilometer 29 Jalan Tol Jakarta-Cikampek.
 
"Jasa Marga memohon maaf atas kenyamanan yang ditimbulkan. Kami mohon pengguna jalan dapat bersabar di antrean dan tidak berhenti di bahu jalan yang merupakan salah satu faktor penyumbang kepadatan di lajur," ujarnya.
 
Sebanyak 451.104 kendaraan kembali ke Jakarta melalui jalan tol dari arah timur, barat dan arah selatan pada hari Jumat-Sabtu, 7-8 Juni 2019. Angka ini naik 63,53 persen dari lalu lintas harian rata-rata (LHR) normal sebesar 275.858 kendaraan.
 
Irra mengatakan angka tersebut baru memenuhi 37 persen dari total lalu lintas mudik sebesar 1,21 juta kendaraan yang melintas pada H-1 sampai dengan H-7 Lebaran 2019.
 
Distribusi kendaraan yang kembali ke Jakata dari timur mendominasi pada arus balik. Dengan rincian. sebesar 62 persen dari arah timur, 22 persen dari arah barat dan 16 persen dari arah selatan.
 
Kendaraan dari arah timur meupakan kendaraan yang melintas di GT Cikampek Utama untuk pemudik dari arah Jalan Tol Cikopo-Palimanan dan GT Kalihurip Utama untuk pemudik dari arah Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi.
 
Di GT Cikampek Utama tercatat sebanayak 167.693 kendaraan yang telah melintas. Dan, di GT Kalihurip Utama terdapat sebanyak 114.895 kendaraan.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif