Kendaraan antre memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama 1, Cikampek, Jawa Barat. (Foto: MI/Ramdani)
Kendaraan antre memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama 1, Cikampek, Jawa Barat. (Foto: MI/Ramdani)

Kemenhub: Kepadatan Kendaraan Hanya di Pintu Tol

Ramadan Mudik Lebaran 2019
Theofilus Ifan Sucipto • 31 Mei 2019 12:48
Jakarta: Ketua Harian Posko Nasional Angkutan Lebaran Terpadu Arif Toha Tjahjagama menyebut arus lalu lintas hingga siang ini lancar. Kemacetan sudah terurai sejak Kamis, 30 Mei 2019, malam.
 
"Kondisi per hari ini (lalu lintas) sudah lancar semua, tidak ada yang macet," kata Arif di Gedung Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jakarta Pusat, Jumat, 31 Mei 2019.
 
Arif mengatakan kepadatan kendaraan hanya terjadi di pintu tol, terutama Tol Cikampek Utama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Fokus (kemacetan) masih di gerbang tol karena pembayaran," ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut tersebut.
 
Kendati demikian ia yakin hal itu tak menjadi masalah. Jasa Marga, kata Arif, juga menggunakan mesin mobile reader, yaitu alat pembayaran yang dibawa petugas Jasa Marga saat mobil antre di pintu tol.
 
Baca juga:Stasiun Gambir Dilengkapi Ruang Tunggu 'Rasa' Taman
 
Pantauan Medcom.id melalui CCTV lalu lintas di Posko Lebaran Kemenhub hingga pukul 12.15 WIB, sejumlah jalan tol yang diprediksi rawan macet ternyata terpantau lancar.
 
Misalnya di pintu keluar Tol Cikampek 1, hanya terpantau empat sampai lima mobil yang melintas dalam satu menit. Kondisi yang sama juga terjadi di Pintu Tol Merak 1 dan Terminal Merak 1.
 
Pun dengan Jalan Nagreg, Bandung, Jawa Barat. Lalu lintas di pos polisi Nagreg 1 dan jalur alternatif Nagreg Hilir 1 terpantau lancar.
 
Lalu lintas baru terpantau ramai lancar di Pasar Limbangan, Garut, Jawa Barat. Sejumlah mobil dan bus terpantau rutin berlalu-lalang di jalan kecil dengan dua arah.
 
Sebelumnya, sebanyak 28 gardu Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama dioperasikan untuk melayani pengendara arah Cikampek sejak pukul 17.15 WIB, Kamis, 30 Mei 2019. Pengoperasian seluruh gardu menyusul meningkatnya volume kendaraan pada arus mudik Lebaran 2019.
 
Irra Susiyanti, Corporate Communications Department Head Jasa Marga mengatakan, rekayasa lalu lintas satu arah (one way) di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek diberlakukan atas diskresi kepolisian sejak pukul 08.00 WIB pagi kemarin.
 

(MEL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif