"Juga berkaitan dengan keselamatan, ini menjadi suatu concern bagi kami," kata Budi di Ruang Rapat Komisi V DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 2 April 2024.
Menurut Budi, kecelakaan paling sering dialami pemudik yang menggunakan sepeda motor karena faktor kelelahan. Kemudian, kecelakaan juga dialami bus yang tidak melakukan ramp check.
Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?
"Bus-bus yang tidak di-ramp check itu rekor dari jumlah-jumlah (kecelakaan) itu," ujar Budi.
| Baca juga:Ini TitikContraflowSelama Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 |
Di sisi lain, Budi juga menyoroti pengaruh kelancaran arus mudik dan arus balik. Salah satu yang diantisipasi yakni pasar tumpah di beberapa titik yang berpotensi menyebabkan kemacetan.
"Pasar tumpah itu kita koordinasi dengan Kapolres dan Pemda," ucap Budi.
Selain itu, instrumen buffer zone atau zona penyangga juga akan diterapkan untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas. Pengarahan lalu lintas juga bakal melibatkan polisi wanita (polwan).
"Buffer zone kita operasikan dan kepolisian akan menerjunkan polwan supaya lebih humanis ya," ujar Budi.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News (END)
