Rekayasa Lalin Jalur Mudik ke Merak Disiapkan
Ilustrasi. Sejumlah kendaraan pemudik yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera mengantre masuk kapal di Pelabuhan Merak, Banten. (ANT/ASEP FATHULRAHMAN )
Serang:Lima titik di jalur mudik tol Tangerang-Merak dan delapan titik macet di jalur arteri Jakarta-Merak rawan macet. Polda Banten menyiapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasi kemacetan. 

Lima titik rawan itu di gerbang tol Cikupa, Gerbang Tol Serang Timur, Gerbang Tol Cilegon Timur, Gerbang Tol Cilegon Barat dan Gerbang Tol Merak.


"Kita lakukan rekayasa lalu-lintas mulai dari kanalisasi arus, 'one way traffic', contra flow, pemasangan barrier atau traffic cone serta pemasangan rambu rambu tambahann lainnya," kata Tri, di Serang, Banten, Rabu 30 Mei 2018. 

Tri mengungkap, delapan titik kemacetan di jalur arteri yakni mulai dari Pasar Cikupa, Simpang Balaraja Barat, Pasar Gembong, depan PT Nikomas, Pasar Tambak, Pasar Ciruas,
Terminal Pakupatan dan di sekitar Pool Arimbi di Serang.

"Tentunya kita tempatkan personel untuk mengatur lalu-lintas, 'public address' atau imbauan-imbauan," imbuhnya. 

Dia menegaskan, pihaknya juga menindak pelanggar lalu lintas yang mengakibatkan kemacetan seperti parkir sembarangan. 

"Kami juga bantu satpol PP untuk menertibkan pedagang K-5 yang gunakan trotoar atau badan jalan untuk berjualan," jelasnya. 

Dia membeberkan, sebanyak 1.775 polisi disiapkan untuk mengamankan arus mudik. Jumlah tersebut belum termasuk personel tambahan dari TNi, Satpol PP, Dishub, dan instansi terkait. 



(LDS)