Stasiun Senen dan Gambir Sudah Berangkatkan 47 Ribu Penumpang
Ilustrasi mudik Stasiun Senen - ANT/Wahyu Putro A.
Jakarta: PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat sekitar 47 ribu pemudik sudah berangkat dari Stasiun Pasar Senen dan Stasium Gambir. Direktur Utama KAI Edi Sukmoro, mengungkapkan pemudik dari barat pulau Jawa sudah mulai berdatangan di Daop IV Semarang. 

"Saya sampaikan perjalanan paling banyak dari barat ke timur. Nah, kemarin saya coba mengawasi di Daop IV Semarang kedatangannya juga bertubi-tubi luar biasa," kata Edi di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Selasa, 12 Juni 2018.


Ia menyebut sejak awal cuti bersama total pemudik yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen berjumlah 25 ribu orang. Sementara dari Stasiun Gambir sekitar 20 ribu orang. 

"Totalnya kalau tidak salah 47 ribu pemberangkatan dari kota besar ke daerah. Itu Daop I saja, belum Daop II yang menuju ke Jawa Tengah dan Jawa Timur," sebut Edi.  

Edi menambahkan jumlah pemudik tahun ini meningkat 3,5 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu. Ia menaksir pemudik yang sudah diberangkatkan hampir mencapai 100 persen. Tinggal menunggu beberapa lagi yang akan berangkat pada H-1 Idulfitri. 

"Kalau untuk yang mudik ini hampir 100 persen sekitar 91 persen," kata Edi.





(REN)