Cegah Macet, Kendaraan Keluar-Masuk <i>Rest Area</i> Diatur
Ilustrasi kemacetan karena mudik di Jawa. Foto: MI/Atet Dwi P
Bekasi: Jasa Marga akan mengatur akses tempat peristirahatan (rest area) di Tol Jakarta-Cikampek selama mudik lebaran 2018. Hal ini untuk mencegah kemacetan akibat penumpukan kendaraan.

Humas Jasamarga cabang Jakarta Cikampek Irwansyah mengatakan, kendaraan menumpuk untuk masuk ke rest area dan memakan bahu jalan pada musim mudik 2017. Lebar jalan berkurang karena kendaraan penuh di bahu jalan. Selain itu, lalu lintas di sekitar rest area menjadi macet.


"Jadi kalau dia mau makan ya makan. Mau ke toilet ya ke toilet. Nanti setelah itu akan diarahkan untuk keluar dari tempat peristirahatan," ujarnya di Bekasi, Minggu, 3 Juni 2018.

Pihaknya akan mengumpulkan data kapasitas lokasi parkir di masing-masing rest area. Pengaturan arus kendaraan akan berbasis kapasitas parkir yang tersedia.

Petugas dari Jasa Marga akan berjaga di pintu masuk dan pintu keluar rest area. Ketika kapasitas parkir sudah penuh, maka rest area akan ditutup.

Pengendara lain sudah tidak bisa lagi masuk sampai  pengendara  yang  ada  di  dalam  rest area  keluar melanjutkan perjalanan.

"Baru kita akan maksimalkan lagi di dalam dengan pemberitahuan bahwa (rest area) sudah penuh dan mohon bergantian (pengendara lain)," tuturnya.

Pengendara yang ingin istirahat dengan waktu yang cukup lama tetap diperkenankan masuk ke tempat peristirahatan selama kapasitas parkir yang tersedia masih ada.



(SUR)