Sejumlah kendaraan pemudik tujuan Sumatera antre memasuki kapal roro, di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (31/5/2019) dinihari. Foto: Asep Fathulrahman/Antara
Sejumlah kendaraan pemudik tujuan Sumatera antre memasuki kapal roro, di Pelabuhan Merak, Banten, Jumat (31/5/2019) dinihari. Foto: Asep Fathulrahman/Antara

Pemudik Disebut Semakin Meminati Jalur Laut

Ramadan Mudik Lebaran 2019
Cindy • 31 Mei 2019 11:24
Jakarta: Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto menyebut pemudik saat ini lebih meminati jalur laut untuk kembali ke kampung halaman. Jumlah pemudik yang melalui jalur tersebut bahkan mengalami peningkatan hingga 200 persen untuk pengguna roda dua, dan 56 persen roda empat pada malam tadi.
 
"Ini suatu fenomena yang mungkin ada suatu stimulus, adanya perbaikan infrastruktur di mana masyarakat ingin mencoba bagaimana jalur laut yang sekarang," ucap Ari di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Jumat, 31 Mei 2019.
 
Ari meninjau langsung arus mudik Lebaran 2019 di Pelabuhan Merak, Banten. Dia datang sekitar pukul 09.00 WIB dan meninjau Terminal Eksekutif Merak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ari memuji kemajuan dan perbaikan infrastruktur di Pelabuhan Merak. Dia meyakini perbaikan infrastruktur ini membuat minat masyarakat tinggi untuk mudik melalui jalur laut.
 
"Saya merasa bangga dengan Banten yang drastis kemajuannya, tidak ada ruang sebaik ini (dulu). Berarti ini ada satu niatan pemerintah dalam rangka memberikan pelayanan masyarakat yang terus meningkat" kata dia.
 
Ari pun berharap ke depannya pelayanan di pelabuhan bisa terus ditingkatkan untuk mengurai antrean kendaraan. Misalnya, menerapkan pemindaian kartu tanda penduduk (KTP). "Upayakan untuk pakai scan KTP. Teknologi semua ada, tinggal kita gunakan saja, mungkin bisa nanti pakai kamera, bayar. Kan sudah ada datanya, sudah e-KTP, jadi tinggal bayar saja," tuturnya.
 
Mantan Kabareskrim itu juga meminta pengamanan terus ditingkatkan. Kamera pengintai atau Closed Circuit Television (CCTV) harus ditambah untuk memantau area-area yang belum terawasi maksimal.
 
Ari didampingi oleh Kapolda Banten Irjen Tomsi Tohir, Wakapolda Banten Brigjen Pol Tomex Kurniawan, Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto, dan Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra dalam peninjauan arus mudik Lebaran 2019 di Pelabuhan Merak ini.
 

(AZF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif