Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri pantau kesiapan Pos Cikopo,. Purwakarta, Jawa Barat. (IST)
Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri pantau kesiapan Pos Cikopo,. Purwakarta, Jawa Barat. (IST)

Penghentian Sementara Proyek Tol hingga 15 Juni

Ramadan Mudik Lebaran 2019
27 Mei 2019 09:19
Purwakarta:Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri pantau kesiapan lalu lintas arus mudik, di Pos Pol Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat. Pemantauan dilakukan di sepanjang Tol Jakarta-Cikampek, untuk memastikan segala proyek infrastruktur dihentikan sementara demi kenyamanan arus mudik dan balik Lebaran 2019.
 
"Mulai berhenti sementara, Minggu 26 Mei 2019. Penghentian akan berlangsung sampai 15 Juni 2019," kata Kepala Korlantas Polri Irjen Refdi Andri, Senin, 27 Mei 2019.
 
Refdi memaparkan, peninjauan dilakukan di empat pekerjaan tol. Yakni di Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II (Elevated), kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB), Light Rail Transit (LRT) dan Tol Cibitung-Cilincing.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hal ini tentunya akan bermanfaat untuk pengguna jalan yang mau mudik dan balik," ujarnya.
 
Selain itu, pihaknya juga mengecek kesiapan Gerbang Tol (GT) Kalihurip Utama KM 67 dan Cikampek Utama KM 70 yang menjadi pengganti GT Cikarang Utama. GT Kalihurip Utama KM 57 dan Cikampek Utama KM 70 mulai beroperasi sejak 23 Mei 2019 lalu.
 
"Operasi Ketupat akan digelar tanggal 29 Mei sampai 10 Juni 2019. Sedangkan gelar pasukan pada tanggal 28 Mei 2019 pukul 16.00 di Monas," ungkap Kakorlantas.
 
Refdi menambahkan, ada pula pembatasan angkutan barang sumbu tiga ke atas demi kenyamanan pemudik. Pembatasan dilakukan mulai 30 Mei sampai 2 Juni 2019 untuk arus mudik, sementara arus balik mulai 8 Juni sampai 10 Juni 2019.
 
"Terkait pembatasan angkutan barang apabila terjadi permasalahan bisa diambil tindakan tertentu. Perlu diperhatikan juga dampak kebijakan di luar tol seperti pasar tumpah, kendaraan berhenti sembarangan dan penggunaan jalan tidak untuk peruntukannya perlu ditertibkan," tegasnya.
 
Dia mengingatkan, soal antrean di gardu tol elah disiapkan gardu satelit. Sehingga diharap bisa mengurai penumpukan kendaraan. Kakorlantas mengimbau jajarannya, agar bertanggung jawab terhadap risiko yang bakal timbul.
 
"Kebijakan kita akan banyak mendapat perhatian dari publik, justru itu kesiapan ini menjadi penting. Saya berkeyakinan semua polda dengan persiapan yang baik dengan kehadiran kasatlantas yang hadir saat ini sebagai buktinya," tandasnya.
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif