Ilustrasi. Medcom.id/Mohammad Rizal.
Ilustrasi. Medcom.id/Mohammad Rizal.

Waspadai Peta Jalur Rawan Longsor saat Mudik

Ramadan Mudik Lebaran 2019
Fachri Audhia Hafiez • 17 Mei 2019 05:11
Jakarta: Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengimbau masyarakat mewaspadai sejumlah titik wilayah yang rawan longsor. Wilayah tersebut berpotensi dipadati pemudik jelang Idulfitri 1440 H.
 
"Longsor masih terjadi karena ada perubahan musim hujan. Kita antisipasi masih ada longsor jelang hari raya Idulfitri," kata Kepala Badan Geologi Rudy Suhendar di Jakarta seperti dikutip Jumat, 17 Mei 2019.
 
Ada pun wilayah yang patut diwaspadai yakni, jalur lintas selatan Jawa yang meliputi Nagreg, Gentong dan Wangon. Kemudian Wonogiri, Pacitan, Trenggalek dan Tulungagung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di luar Jawa, Rudy juga mengimbau agar mewaspadai lokasi rawan longsor di Sumatera dan Sulawesi. Itu diantaranya jalur Padang-Sungai Penuh dan jalur Manado-Tomohon.
 
"Itu adalah jalur-jalur padat di lebaran, agar tidak terhambat kita menginformasikan peta rawan longsor," ucap Rudy.
 
Tak hanya titik rawan longsor, pihaknya juga akan mengintesifkan pengamatan gunung api. Beberapa gunung terpantau berada di level awas dan siaga.
 
Gunung api yang dipantau sebanyak 68. Dari jumlah itu 47 gunung berada di level satu atau normal. Kemudian 15 gunung api berada di tingkat dua atau waspada. Level tiga sejumlah lima gunung dan level awas satu gunung api.
 
Gunung Sinabung di Karo, Sumatera Utara terpantau berada di level awas. Sementara pada level siaga diantaranya Gunung Agung di Bali, Gunung Anak Krakatau di Lampung, Gunung Lereboleng di Nusa Tenggara Timur, Gunung Soputan dan Gunung Karangetan di Sulawesi Utara.
 
"Sinabung masih batuk-batuk, di puncaknya ada air masuk ada letusan freatik ada beberapa letusan kecil juga. Gunung Merapi dalam dua minggu ini terjadi penurunan, suplai magma dari dalam sudah kecil, guguran yang masuk ke Kali Gendol sudah kecil, tidak berpotensi, untuk awan panas besar cukup kecil," jelas Rudy.
 

(SCI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif