Ketua DPR RI Puan Maharani. Foto: DPR
Ketua DPR RI Puan Maharani. Foto: DPR

Ketua DPR Minta Pelayanan Pemudik di Sisa Arus Balik Tetap Optimal

Juven Martua Sitompul • 09 Mei 2022 13:59
Jakarta: Ketua DPR Puan Maharani meminta pemerintah dan stakeholder terkait tetap memberikan pelayanan terbaik bagi pemudik yang belum kembali ke tempat tinggalnya. Apalagi, arus balik balik mudik Lebaran 2022 diprediksi masih terjadi hingga sepekan ke depan.
 
"Di berbagai daerah, baik di pelabuhan, bandara, dan stasiun masih tergolong cukup ramai. Pemudik yang kembali setelah masa libur lebaran selesai harus tetap mendapatkan pelayanan yang optimal," kata Puan melalui keterangan tertulis, Senin, 9 Mei 2022.
 
Hingga Minggu, 8 Mei 2022, kendaraan yang kembali ke arah Jabodetabek di jalur tol terpantau masih cukup ramai. Puan mengingatkan pengelola jalan tol memperhatikan fasilitas bagi pemudik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kebutuhan masyarakat, termasuk rest area yang bersih dan layak harus menjadi perhatian," ucap perempuan pertama yang menjabat sebagai ketua DPR itu.
 
Sistem one way di jalur tol sudah dihentikan setelah puncak arus balik semalam. Puan mengapresiasi kinerja semua pihak yang mengatur kepatadan lalu lintas.
 
"Saya mengapresiasi kinerja pihak kepolisian, Kementerian Perhubungan, penyelenggara jalan tol, kereta api, kapal, dan pesawat terbang yang memastikan masyarakat dapat mudik dengan nyaman hingga kembali ke kediamannya," kata Puan.
 
Mantan Menko PMK ini meminta seluruh pihak memperhatikan skema atau skenario yang dibutuhkan untuk pemudik yang kembali usai puncak arus mudik. Puan mengatakan sistem yang diambil harus memprioritaskan kebutuhan masyarakat.
 
"Sambil terus memastikan seluruh sarana protokol kesehatan dijalankan dengan baik sehingga kita dapat menekan kemungkinan peningkatan kasus covid-19 usai mudik lebaran," kata dia.
 
Baca: Arus Mudik Kondusif, Pemudik Diimbau Hati-hati
 
Untuk mengurai kemacetan arus balik, Aparatur Sipil Negara (ASN) termasuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan TNI/Polri diperbolehkan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) seminggu usai libur lebaran. Para pengusaha juga dianjurkan melakukan hal yang sama sehingga pegawainya bisa kembali ke Jabodetabek secara bertahap.
 
"Namun, untuk ASN atau PNS yang bekerja di bagian pelayanan publik, harus tetap bekerja di kantor seperti biasa agar pelayanan kepada masyarakat tidak terganggu," kata Puan.
 
Puan mengucapkan selamat memulai kembali aktivitas setelah libur idulfitri selesai. Dia berharap silaturahmi dengan keluarga, termasuk yang ada di kampung halaman dapat meningkatkan semangat di tengah tantangan pandemi covid-19 yang masih ada.
 

(JMS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif