Armada Kapal di Pelabuhan Soekarno Hatta. Jelang mudik lebaran PT. Pelni siapkan 14 armada antisipasi lonjakan penumpang.
Armada Kapal di Pelabuhan Soekarno Hatta. Jelang mudik lebaran PT. Pelni siapkan 14 armada antisipasi lonjakan penumpang.

Antisipasi Lonjakan Penumpang, Pelni Siapkan 14 Armada

Ramadan Mudik Lebaran 2019 Ramadan 2019
Muhammad Syawaluddin • 15 Mei 2019 14:14
Makassar: Jelang memasuki mudik lebaran tahun ini, PT. Pelni menambah rit bagi kapal tujuan yang dinilai lonjakan penumpang berpotensi sangat tinggi. Dari hanya satu kali kunjungan, kali ini ditambah menjadi dua kali. Pelni juga menyiapkan 14 armada untuk mengantisipasi hal itu.
 
"PT. Pelni Makassar untuk angkutan lebaran di tahun ini sebanyak 14 armada yang melayani semua rute baik timur, barat, tengah, dan utara sudah kami siapkan semua," kata General Manager PT. Pelni Makassar, Budi Wibowo, saat dikonfirmasi, Rabu 15 Mei 2019.
 
Budi mengatakan, tidak ada penambahan rute baru. Namun untuk rute yang berpotensi terjadi arus mudik besar, armadanya ditambah. Misalnya tiga daerah tujuan yang menurut perkiraan bakal padat jelang ramadan yakni Bima, Surabaya, dan Bau-bau.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Yang selama ini hanya satu kunjungan, ditambah menjadi dua,” katanya.
 
Dia menjelaskan bahwa sejauh ini ada peningkatan permintaan tiket untuk jalur laut. Namun, saat ini pihaknya masih mampu untuk melayani semua permintaan tersebut. Dan diupayakan tanpa melalui calo.
 
Dari data Pelni, jumlah penumpang di Makassar, pada periode Januari hingga April naik dari 72.411 menjadi 116.700 orang. Angka itu mencapai 61 persen, melampaui trafik nasional dan kota besar lain di Indonesia.
 
"Tiket kami siapkan memang banyak, karena sejak tiga bulan lalu kita mengalami kenaikan permintaan yang cukup luar biasa tinggi. Sehingga, kita siapkan tiket yang banyak untuk mengantisipasi," jelasnya.
 
Pihak PT. Pelni juga mengimbau kepada masyarakat yang berencana menggunakan kapal laut saat mudik agar sedini mungkin mememsan tiket. Karena, pada beberapa hari jelang lebaran nantinya, akan sangat banyak permintaan.
 
"Kami juga mengingatkan kepada masyarakat untuk membeli tiket jauh hari. Untuk mengantisipasi melonjaknya permintaan nantinya," kata Budi.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif