Pembangunan Tol Cijago seksi 2 di Depok, Jawa Barat. (ANT/Yulius Satria Wijaya)
Pembangunan Tol Cijago seksi 2 di Depok, Jawa Barat. (ANT/Yulius Satria Wijaya)

Pemkot Depok Keberatan Tol Cijago Dibuka Jelang Lebaran

Ramadan Mudik Lebaran 2019
Octavianus Dwi Sutrisno • 01 Juni 2019 16:51
Depok: Badan Pengatur Jalan Tol (BPTJ) menginstruksikan PT Translingkar untuk mengoperasikan Tol Cinera-Jagorawi (CIjago) seksi 2, untuk mengantisipasi kemacetan arus mudik dan balik Lebaran 2019. Akses tol itu bakal dibuka H-2 sampai H+4 Lebaran.
 
Namun, Pemerintah Kota Depok menilai keputusan itu belum tepat. Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, Dadang Wihana, mengatakan Tol Cijago seksi 2 belum siap beroperasi.
 
"Kami mohon pemerintah pusat untuk memperhatikan itu, mengkaji lagi karena analisa mengenai dampak lingkungan belum juga selesai di BPTJ (Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek)," Ucap Dadang, Sabtu, 1 Juni 2019

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia melanjutkan, bila Cijago seksi 2 tetap dipaksa beroperasi malah akan menjadi penyebab kemacetan. Karena, saat memasuki tol dari Jalan Bungur Raya, Cinere, kondisi jalan masih sempit. Begitupula di simpang Juanda dan Gong Si Bolong.
 
"Ketika itu dibuka, maka akan menyebabkan crowded, atau penumpukan kendaraan. Di sini kami bukan bermaksud untuk menghambat namun mohon diperhatikan," jelasnya.
 
Dinas Perhubungan Kota Depok telah berupaya agar BPTJ menindaklanjuti instruksi tersebut. Dadang menegaskan, pihaknya sudah berupaya menyampaikannya melalui rapat dan surat-surat.
 
"Tapi ya karena sudah instruksi walau sebenarnya kami keberatan karena tol itu kewenengan pusat, ya kita tidak bisa apa. Tiba-tiba, sekarang ada surat H-2 dioperasionalkan, sampai dengan H + 4," paparnya.
 
Berdasarkan informasi yang dihimpun, isi surat instruksi BPJT tersebut adalah menindaklanjuti surat direktur utama PT Translingkar Kita Jaya nomor D1-420-EB/0519 tanggal 29 Mei 2019 perihal persiapan fungsional Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 2 (Raya Bogor-Kukusan) untuk Lebaran Tahun 2019 dan dalam rangka membantu kelancaran lalu lintas arus mudik dan balik Lebaran Tahun 2019 pada Jalan Cijago, dengan ini PT Translingkar Kita Jaya diminta untuk dapat mengoperasikan secara fungsional Jalan Tol Cijago Seksi 2 (Raya Bogor-Kukusan) dimulai sejak H-2 hingga H+4 dengan ketentuan:
 
Untuk lalu lintas pada jalur fungsional Seksi 2 (Raya Bogor-Kukusan) adalah dengan pelaksanaan sebagai berikut:
 
Untuk lalu lintas kendaraan dari arah Jagorawi menuju Margonda dan Kukusan transaksi di Gerbang Tol (GT) keluar (off ramp pay) yaitu di GT Cisalak 2 (eksisting), GT Margonda 2 dan GT kukusan 2, dengan besaran tarif sesuai tarif pada Seksi 1 yang telah beroperasi.
 
Sedangkan untuk arah sebaliknya, dari arah Kukusan dan Margonda menuju arah Jagorawi transaksi dilakukan di GT masuk (on ramp pay) yaitu di GT Kukusan 1, GT Margonda 1, dan GT Cisalak 1 serta GT Cisalak 3 dengan besaran tarif sesuai tyarif pada Seksi 1 yang telah beroperasi.
 
Untuk GT Cisalak 4 dan GT Margonda 3 yang melayani lalu lintas dari arah Raya Bogor menuju Kukusan dan Margonda tidak difungsikan . demikian halnya dengan GT Cisalak 3 (off ramp) tidak difungsikan. Hal tersebut dilakukan dengan memperhatikan tidak dapat dibedakanya asal kendaraan dari arah Jagorawi dan Margonda.
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif