Besok, Arus Puncak Pemudik di Pelabuhan Tanjung Priok
Illustrasi. ANT/Wahyu Putro.
Jakarta: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan arus puncak pemudik melalui moda transportasi laut, tepatnya di Pelabuhan Tanjung Priok terjadi pada esok hari, 13 Juni 2018 atau H-2 sebelum Ramadan. Selain itu besok juga menjadi hari terakhir acara mudik gratis yang dilakukan Kemenhub menuju Semarang.

Pelaksana Tugas (PLT) Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Lolan Panjaitan menjelaskan prediksi tersebut didukung dengan keinginan pemudik yang ingin tiba di kampung halaman sebelum Lebaran. Jarak dan waktu tempuh kapal selama 24 jam menuju Semarang. Sehingga diprediksi ada 4.700 penumpang. Pada 12 Juni, penumpang terdata sudah mencapai 3.300 penumpang.


"Kalau prediksi kami di Priok, kapasitas mudik gratis yang terbesar pada 13 Juni 2018, sekitar 4.700 penumpang dan jumlahnya sudah ada sekitar 90 persen yang mendaftar secara online," ujarnya di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa, 12 Juni 2018.

Ia mengatakan dalam mempersiapkan lonjakan penumpang yang tinggi, pemerintah telah menyiapkan tujuh kapal yang terdiri dari enam kapal diberangkatkan pagi hari dan satu kapal sore hari. Kapal tersebut terbagi menjadi tiga kapal,yaitu Sabuk Nusantara untuk penumpang,Camara Nusantara untuk motor dan Roro untuk penumpang maupun motor.

"Kapal memiliki spesifikasi khusus,motor kita angkut dengan kapal hewan(Cemara Nusantara), penumpang paket sabuk Nusantara. Ada juga kapal jenis Roro itu bisa penumpang dan motor," tambahnya.

Ia, dengan waktu tempuh yang terbilang lama, menghimbau penumpang agar mempersiapkan kondisi kesehatan dalam kondisi yang fit agar tidak kelelahan didalam kapal.

"Yang penting bagaimana penumpang tetap menjaga keselamatan masing-masing. Kapal ini bisa sampai 12-24 jam, semoga bisa menjaga kesehatan," tutupnya.



(SAW)