1,38 Juta Kendaraan Masuk ke Jakarta Besok Pagi
Menhub Budi Karya Sumadi. ANT/Wahyu Putro.
Jakarta: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumantri mengatakan 1,38 juta kendaraan arus balik akan memasuki Jakarta hingga esok pagi, Senin, 25 Juni 2018. Malam ini, H+8 lebaran pun diprediksi sebagai puncak arus mudik kedua.

Dalam kunjungannya ke Gerbang Tol Cikarang Utama Budi mengatakan berdasarkan data dari Jasa Marga, hingga H+7 tercatat sudah 1,34 juta kendaraan arus balik mengarah menuju Jakarta melalui tiga Gerbang Tol yakni Cikarang Utama, Cikupa dan Ciawi.


"Angka itu belum dihitung sampai sekarang dan besok pagi. Kalau dianggap satu shift ada 25 ribu kendaraan maka yang pulang sampai besok pagi adalah 1,381 juta," kata Budi Minggu, 24 Juni 2018.

Dia bilang adapun jumlah kendaraan mudik hingga H-1 lebaran mencapai 1,34 juta. Angka tersebut belum memasukkan pemudik yang memilih berkendara setelah lebaran. 

"Artinya kesimpulan praktis semua pemudik sudah pulang. Namun demikian saya minta data lagi, karena menurut catatan kami H+3 masih banyak pemudik," tutur dia.

Lebih lanjut mantan Dirut AP II ini menambahkan pada H+3 lebaran terdapat suatu record yang mana kendaraan yang melintas meninggalkan Jawa melalui jalur tol melebihi jumlah maksimal. Pada Selasa, 19 Juni lalu kendaraan mudik yang meninggalkan Jakarta tercatat sebanyak 56 ribu dalam satu shift.

"Menurut catatan kita maksimal adalah 38 ribu, ini adalah satu prestasi dengan dilakukannya satu arah atau one way," jelas dia.



(JMS)