Ruas Jalan di Bantul Siap Dilalui Pemudik
Mudik. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.
Bantul:Ruas-ruas jalan di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dipastikan telah siap dilalui pemudik Lebaran. Sarana dan prasarana lalu lintas di lokasi tersebut sudah dibenahi. 

"Kami telah melaksanakan pengecekan sarana dan prasarana lalu lintas dan angkutan jalan pada jalur utama maupun alternatif, semua dalam kondisi siap," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bantul Aris Suharyanto seperti dilansir Antara, Jumat, 18 Mei 2018. 


Ia mengatakan pihaknya sudah menata rambu pendahulu penunjuk jalan (RPPJ), alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL), marka jalan, alat pengendali dan pengaman jalan. Semua sarana pendukung sudah tesedia.

Dishub Bantul akan menerjunkan personel lapangan. Mereka bakal memantau dan perbaikan pada sarana dan prasarana, terutama APILL yang sering rusak.

"Perbaikan atas kerusakan APILL siaga selama 24 jam, kemudian perbaikan atas kerusakan LPJU (lampu penerangan jalan umum) se-Bantul selama arus mudik dan balik Lebaran 2018 juga siaga 24 jam," ungkap dia.
 
Selain itu, di beberapa jalan juga akan disediakan alat bantu rekayasa lalu lintas. Alat itu ditempatkan di jalur utama dan jalur alternatif untuk mencegah kepadatan kendaraan. 

Baca:Cipali Bakal Perluas Rest Area

"Alat bantu rekayasa lalu lintas kita sediakan water barrier sebanyak 80 buah dantraffic cone 300 buah, kemudian 40 buah rambu portabel petunjuk arah," tambah dia. 

Dishub juga mempersiapkan jalur alternatif untuk menghindari wilayah rawan macet. Ruas jalan menuju lokasi wisata pun dibenahi.

"Pemantauan jalur wisata dilakukan di sejumlah titik menuju kawasan  wisata seperti di wisata Parangtritis, Kebun Buah Mangunan, Hutan Pinus di Dlingo, dan Bukit Bintang di Piyungan," pungkas dia.




(OGI)