Masyarakat Jangan Cuma Andalkan Tol saat Mudik
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi - Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Jakarta: Sejumlah tol fungsional di beberapa ruas jalan telah siap untuk mudik 2018. Meski begitu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi ingin masyarakat tidak hanya mengandalkan jalan tol saat mudik.

"Memang jalan Tol Jakarta-Surabaya telah jadi, tapi saya menganjurkan tidak harus menggunakan tol. Namun, pemudik bisa juga menggunakan jalur pantai utara (pantura) atau pantai selatan (pansela) yang bagus," kata Budi di Auditorium Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Jalan Raya Kalibata, Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu, 6 Juni 2018.


Ia bilang hal ini untuk menghindari kemacetan di ruas tol dan meminimalisir kecelakaan. Menurutnya, pada saat puncak mudik yaitu pada 8, 9, 12, 13 Juni 2018 akan terjadi kemacetan di ruas tol bagi yang mudik menggunakan angkutan darat.

(Baca juga: Tujuh Titik Rawan Macet di Solo)

"Jadi kalau cerdas jangan gunakan hari-hari itu, sehingga kemacetan tidak tejadi. Lalu, sedapat mungkin jangan menggunakan motor, karena tahun lalu banyak sekali mudik menggunakan motor jadi penyebab kecelakaan lebih dari 70 persen," ungkap Budi. 

Sementara itu, ia bilang akan melakukan razia rem check bagi angkutan darat baik kendaraan pribadi maupun umum saat mudik lebaran. Ia mengaku telah meminta Kapolres dan Dinas Perhubungan (Dishub) seluruh Indonesia untuk memaksimalkan pengaturan ini. 

"Untuk 2 hingga 3 hari ini lakukan rem check secara maksimal, karena pada hari H (mudik) apabila kendaraan Anda tidak memiliki stiker rem check, saya tidak akan segan menyuruh Dishub dan Kapolres untuk menilang," ujar Budi.

Tak hanya itu, kata Budi, kendaraan tidak diperbolehkan jalan. Khususnya bagi bus-bus pariwisata yang beroperasi dengan tidak melakukan rem check.

"Jadi kita akan jemput bola tempat-tempat perusahaan oto bus kalau mereka membutuhkan," pungkas Budi.

(Baca juga: Tol Brebes-Semarang Diprediksi Naikkan 22% Kendaraan)





(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id