Ilustrasi Pesawat di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta. Foto: Medcom.id
Ilustrasi Pesawat di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta. Foto: Medcom.id

Dua Bandara Yogyakarta Tambah 29 Penerbangan

Ramadan Mudik Lebaran 2019
Patricia Vicka • 29 Mei 2019 10:58
Yogyakarta: Angkasa Pura (AP) 1 mengoperasionalkan 29 penerbangan tambahan di dua bandara di Yogyakarta. Ekstra flight akan beroperasi selama masa angkutan Lebaran 2019, mulai Rabu, 29 Mei hingga 15 Juni 2019.
 
"Sebanyak 27 extra flight akan beroperasi di Bandara Adisutjipto Sleman Yogyakarta. Sementara dua lainnya di Bandara Yogyakarta International di Kulonprogo," General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama, di Lapangan NDB PT Angkasa Pura I (Persero), Sleman, Yogyakarta, Selasa 28 Mei 2019.
 
Dia mengungkap, lima maskapai menambah penerbangan yakni Garuda Indonesia dan Air Asia di Bandara Yogyakarta International Kulon progo. Sementara maskapai Lion Air, Sriwijaya Air dan Express Air membuka rute tambahan di Bandara Adisutjipto.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Extra flight ini menuju Jakarta, Makassar, Bali, Pontianak, Balikpapan dan Samarinda. Sebagian besar itu jadwalnya malam hari. Kecuali extra fight di Yogyakarta Internasional Kulonprogo cuma sampai jam 18.00," imbuhnya.
 
Pandu menambahkan, pihaknya telah menambah 500 kursi di ruang tunggu penumpang terminal A Bandara Adisutjipto. Selain itu, boarding gate, toilet, musala dan lapangan parkir di Bandara Adisutjipto turut ditambah.
 
"Boarding gate kami tambah tiga buah. Toilet kita perbanyak di semua terminal kedatangan dan berangkat,"jelasnya.
 
Dia memastikan, falititas penumpang dan akses transportasi di Bandara Internasional Yogyakarta telah siap. AP 1 menggandeng Perum Damri untuk menyiapkan bus, dan shuttle Damri di beberapa titik di Yogyakarta dan Jawa Tengah menuju Bandara Internasional Yogyakarta.
 
"Titik pemberangkatan damri, ada di Bandara Adisutjipto, pul bus damri Magelang, Borobudur, dan Purworejo. Damri menyiapkan 12 bus, dan 15 shuttle untuk mengangkut calon penumpang Bandara YIA, pungkasnya.
 
Puncak arus mudik diperkirakan pada H-5 Lebaran. Sementara puncak arus balik pada H+5 Lebaran. Jumlah rata-rata penumpang diprediksi mencapai 28 ribu orang per hari.
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif