Ilustrasi- ratusan kendaraaan mengantre di Tol Trans Jawa. ANT/Sigid Kurniawan.
Ilustrasi- ratusan kendaraaan mengantre di Tol Trans Jawa. ANT/Sigid Kurniawan.

1 Juni Diprediksi Jadi Puncak Arus Mudik

Ramadan Mudik Lebaran 2019
Cindy • 31 Mei 2019 13:44
Jakarta: Wakil Kepala Polri (Wakapolri) Komjen Pol Ari Dono Sukmanto memprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada Sabtu, 1 Juni 2019 malam. Karena masih banyak pegawai kantoran yang bekerja hari ini.
 
"Nah yang disiplin hari ini masih ngantor. Jadi, kemungkinan besok malam ada arus (mudik) puncak," kata Ari Dono di Dermaga 7 Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Jumat, 31 Mei 2019.
 
Pekerja yang mengambil cuti telah berangkat lebih awal agar tak terjebak macet. Ia menilai pemudik melalui jalur darat akan meningkat beberapa hari sebelum lebaran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ada peningkatan kendaraan yang melintas untuk kendaraan roda empat sampai dengan 56 persen, kemudian kendaraan roda dua itu 200 persen lebih," jelas Ari Dono.
 
Baca: Pemudik Diimbau Tak Istirahat di Pinggir Tol
 
Ari Dono pun mengimbau pemudik menyiapkan diri menghadapi kemacetan. Para pemudik diminta menjaga kesiapan kendaraan dan fisik.
 
"Mereka sudah siap kalau terjadi kemacetan dan lain sebagainya, karena fenomena mudik ini kan kita tahu bersama. Untuk Indonesia, mudik pasti macet, tapi macetnya kita harapkan tidak seperti yang dulu lagi," ucapnya.
 
Pemerintah juga telah menyiapkan sejumlah fasilitas pendukung demi kelancaran mudik lebaran. Seperti menyediakan tenda, kipas, dan toilet portable.
 
"Sekarang pemerintah sudah mempersiapkan dengan fasilitas tenda-tenda, kemudian kipas angin yang pakai air, kemudian di tol nanti mungkin bisa dipersiapkan kalau tol (macetnya) sampai panjang, seperti toilet portable," pungkas Ari Dono.
 

(DRI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif