Ilustrasi Medcom.id.
Ilustrasi Medcom.id.

Arus Balik di Terminal Kampung Rambutan Diprediksi Berlangsung hingga Pekan Depan

Zaenal Arifin • 10 Mei 2022 01:26
Jakarta: Pengelola Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, memprediksi kedatangan arus balik Lebaran 2022 berlangsung hingga sepekan ke depan. Ini menyusul adanya kebijakan work from home (WFH) bagi aparatur sipil negara (ASN).
 
"Karena ada kebijakan tersebut kita prediksi hingga seminggu ke depan mungkin masih banyak saudara-saudara kita yang balik ke Jakarta," kata Komandan Regu (Danru) Terminal Kampung Rambutan, Mulyono, di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Senin, 9 Mei 2022.
 
Mulyono mengamini kebijakan WFH itu memengaruhi kedatangan penumpang yang kembali ke Jakarta. Pihak terminal telah mendirikan posko pengamanan dan kesehatan guna mengantisipasi kedatangan penumpang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tak hanya itu, kata dia, terminal tetap menyiagakan angkutan dini hari (Andini). Langkah ini diambil untuk membantu penumpang kembali ke domisili masing-masing di Jakarta.
 
Baca: Skema Pemerintah Dinilai Sukses Mengendalikan Mudik 2022
 
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo menyarankan seluruh instansi pemerintah mengatur jadwal WFH bagi ASN selama sepekan mulai Senin, 9 Mei 2022. Seruan ini mengamini usulan Kapolri Jenderal Listyo Sigit demi mengurai kemacetan arus balik Lebaran 2022.
 
"Saya setuju dengan pendapat Kapolri agar instansi pemerintah menerapkan kebijakan WFH. Seluruh PPK (Pejabat Pembina Kepegawaian) diharapkan mengatur pembagian jadwal agar penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan," kata Tjahjo dalam keterangannya, dikutip dari Antara, Sabtu, 7 Mei 2022.
 
Tjahjo mengatakan penerapan WFH tidak akan mengganggu urusan administrasi dan pelayanan pemerintahan lain. Sebab, kini telah ada penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang memungkinkan ASN bekerja secara fleksibel memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).
 

(JMS)
LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif