Pemerintah Pastikan tak Ada Pilot Garuda Mogok saat Lebaran
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko - Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.
Jakarta: Isu mogok karyawan Asosiasi Pilot Garuda (APG) ditepis pemerintah. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memastikan tak ada mogok kerja dari karyawan Garuda saat lebaran 2018. 

"Untuk sekarang ini jangan mogok. Saya sudah sampaikan, alhamdulillah diikutin. Jadi sampai dengan hari raya ini mereka komitmen dengan apa yang kita bicarakan," kata Moeldoko di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa, 5 Juni 2018.


Moeldoko mengaku permintaan itu disampaikan saat APG bertandang ke KSP. Eks Panglima TNI itu sudah berdiskusi dengan perwakilan dan menyampaikan urgensi kebutuhan pilot, khususnya menjelang lebaran. 

"Kalian jangan mogok dalam kondisi masyarakat membutuhkan. Nanti malah tidak produktif. Kita mendengarkan semua keluhan yang dia sampaikan. Nanti kita cari jalan keluarnya," kata Moeldoko.

(Baca juga: Mogok Kerja Karyawan Garuda Indonesia Usai Mudik Lebaran)

Dia juga mengaku sudah bertemu dengan Direktur Utama PT Garuda Indonesia Pahala Mansyuri untuk mencari solusi. Pun demikian, Moeldoko enggan membeberkan permasalahan tersebut. 

Prinsipnya, kata dia, keluhan buruh terletak pada manajerial BUMN itu. "Waktu itu bicara di sini saya sudah sampaikan kalian harus bertemu untuk memecahkan masalah ini. Nanti akan dijadwalkan," kata dia. 

Untuk itu, Moeldoko memastikan kegiatan mudik lebaran dengan pesawat tak akan terganggu. Pilot dipastikan tak bakal mogok kerja hingga selesai lebaran. 

"Tidak ada pemogokan sampai dengan kebutuhan lebaran," tandas Moeldoko.

(Baca juga: Garuda Diminta Serius Sikapi Ancaman Mogok Pilot)
 



(REN)