Kereta <i>Sleeper</i> Jarang Diminati karena Harga Selangit
emudik beraktivitas dengan fasilitas yang terdapat di dalam gerbong kereta mewah jenis 'sleeper' di Jakarta. Antara/Galih Pradipta
Surabaya:Masyarakat pikir-pikir untuk menggunakan jasa kereta sleeper. Alasannya, selain harga tiket mahal, perjalanan kereta tersebut memakan waktu cukup lama, yakni sembilan jam.

"Tiketnya mahal mas Rp900 ribu. Mending numpak pesawat cuma satu jam dari Surabaya-Jakarta," kata Muhammad Soleh, salah satu penumpang Kereta Sembrani rute Surabaya-Jakarta, di Stasiun Pasar Turi Surabaya, Selasa 12 Juni 2018.


Soleh mengaku tak tergiur dengan fasilitas kereta sleeperdengan tempat tidur dan lainnya. Sebab, menurut dia, penumpang butuh kecepatan bukan lamanya perjalanan yang ditempuh. "Tapi yang jelas harganya sangat mahal, dan perjalanan yang ditempuh sekitar sembilan jam," ujarnya.

Senada juga disampaikan Sulastri, penumpang KA Argo Bromo Anggrek rute Surabaya-Jakarta. Kata dia, dirinya lebih memilih kereta tersebut daripada kereta sleeperdengan fasilitas tempat tidur, tv, musik, dan lainnya.

"Jarak tempuh perjalanannya tidak jauh beda, yakni sembilan jam. Cuma beda fasilitas, dan harganya selangit," kata ibu dua anak ini.

Kedua kota ini (Surabaya-Jakarta) berjarak hampir 800 kilometer. Namun dengan kereta rute Surabaya dan Jakarta dapat terhubung dengan cepat, tanpa hambatan, dan tentunya dengan biaya murah.

Perjalanan kereta Argo Bromo Anggrek dari Surabaya ke Jakarta berlangsung selama 9 hingga 10,5 jam, dengan kisaran harga tiket Rp375.000 – Rp485.000 per orang untuk kelas eksekutif. Sedangkan harga tiket kereta sleepersebesar Rp900 ribu per orang, dengan jarak tempuh 9 jam.

"Bedanya cuma di harga dan fasilitas. Daripada naik kereta sleeper, menurut saya mending sekalian naik pesawat lebih cepat," katanya.



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id