Arus kendaraan di Cianjur, Jawa Barat. (MI/ Benny Bastinadi)
Arus kendaraan di Cianjur, Jawa Barat. (MI/ Benny Bastinadi)

Volume Kendaraan di Jalur Utama Cianjur Mulai Padat

Ramadan liburan idul fitri
Benny Bastiandi • 08 Juni 2019 13:36
Cianjur: Volume kendaraan pascaperayaan Idulfitri 1440 Hijriah di ruas-ruas jalan utama di wilayah Cianjur, Jawa Barat, terpantau meningkat, terutama dari arah Puncak. Polres Cianjur masih memberlakukan sistem buka-tutup untuk mengalihkan kendaraan ke ruas-ruas jalan alternatif.
 
"Sejak memasuki H+1 Lebaran, sudah tampak peningkatan arus kendaraan di ruas-ruas jalan nasional, khususnya yang menuju ke Puncak dan menuju ke Ciranjang," kata Kabag Ops Polres Cianjur, Komisaris Warsito, Sabtu, 8 Juni 2019.
 
Warsito melanjutkan, kendaraan dari arah Cianjur menuju ke Puncak dan Bogor sempat tidak bergerak pada H+2 Lebaran. Karena itu, sejak dari Bundaran Tugu Lampu Gentur di sekitar Pos 8 Cepu, Polres Cianjur mengalihkan arus kendaraan yang akan menuju ke Puncak dan Bogor ke jalur Sukabumi maupun Jonggol.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk mengurangi beban volume kendaraan yang menuju ke Puncak, kami mengambil langkah mem-pending. Kita arahkan kendaraan yang akan menuju ke Puncak ke Jonggol dan Sukabumi," jelasnya.
 
Warsito menerangkan, Polres Cianjur terus berkoordinasi dengan Polres Bogor memantau perkembangan volume kendaraan di ruas jalur nasional di wilayah itu. Koordinasi penting dilakukan agar kendaraan yang dari arah Cianjur menuju ke Puncak dan Bogor bisa disekat seandainya terjadi penumpukan.
 
"Kalau (kendaraan) terus dipaksakan sedangkan nanti tidak bisa keluar, bisa dibayangkan akan terjadi kemacetan parah dan total, sehingga tak bisa diurai," jelasnya.
 
Sementara di Ciranjang atau jalur menuju Bandung ataupun sebaliknya, terpantau masih normal yang biasanya mengalami penumpukan.Dia mengungkap, di wilayah perkotaan arus kendaraan relatif lebih lancar. Kondisinya berbeda dengan sebelum Lebaran.
 
Wilayah Cipanas dan sekitarnya masih menjadi tempat favorit wisatawan berlibur. Termasuk mengunjungi sejumlah objek wisata alam seperti Kebun Raya Cibodas-Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (KRC-LIPI), Taman Bunga Nusantara, dan lainnya.
 
"Banyak wisatawan yang menginap di hotel-hotel di Cipanas. Pada jam-jam tertentu akan terjadi kemacetan, karena banyak kendaraan milik wisatawan yang terparkir," pungkasnya.
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif