Lawang Sewu dan Tugu Muda Semarang, Jateng. (MI/Adam Dwi)
Lawang Sewu dan Tugu Muda Semarang, Jateng. (MI/Adam Dwi)

Pemkot Semarang Buka Akses CCTV untuk Pemudik

Ramadan Mudik Lebaran 2019
Mustholih • 28 Mei 2019 13:53
Semarang: Pemerintah Kota Semarang membuka saluran CCTV yang dipasang di titik-titik strategis, untuk bisa diakses pemudik. Dengan sistem pengendalian lalu lintas berbasis teknologi informasi (ATCS), pemudik bisa memantau jalan utama Kota Semarang, Jawa Tengah, yang macet melalui gawai.
 
"Bagi Pemudik yang ingin melihat arus lalu lintas Kota Semarang bisa mengunduh ATCS untuk mengakses CCTV yang sudah kami pasang di tempat-tempat strategis," kata Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, Semarang, Jawa Tengah, 28 Mei 2019.
 
Dengan begitu, pemudik bisa menghindari kemacetan di Kota Semarang setelah mengakses CCTV. Selain itu, pemudik juga bisa memanfaatkan call center 112 atau portal Lapor Hendi bila menghadapi kesulitan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hendrar memperkirakan, lonjakan pemudik Lebaran tahun ini mencapai 11 persen ketimbang tahun lalu. Pemudik diramalkan memilih jalur darat ketimbang udara dan laut.
 
Sementara itu, jumlah pemudik yang menggunakan kapal atau pesawat diyakini menurun. Meski begitu, Bandara Ahmad Yani dan Pelabuhan Tanjung Emas telah siap menyambut pemudik.
 
"Pimpinan di bandara bilang pasti akan ada peningkatan penumpang tetapi tidak setajam tahun lalu. Pelabuhan, juga seperti itu," ungkapnya.
 
Hendrar mengimbau, agar pemudik tetap mendahulukan keselamatan. Pemudik disarankan menggunakan transportasi umum apabila pulang kampung bersama keluarganya.
 
"Bagi Pemudik yang menggunakan sepeda motor dengan membawa anak kecil, ingatlah nyawa itu harganya tidak ternilai. Jangan demi mengirit tidak mau beli tiket bus dan memilih naik motor. Risiko di jalan dengan sepeda motor itu sangat besar," tandasnya.
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif