Posko Basarnas di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta. (Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan)
Posko Basarnas di Gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta. (Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan)

Basarnas Siaga Selama Musim Mudik Lebaran

Ramadan Mudik Lebaran 2019
Theofilus Ifan Sucipto • 29 Mei 2019 11:16
Jakarta: Sebanyak 3.500 personel Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) dikerahkan selama musim mudik Lebaran 2019. Mereka siap membantu pemudik jika mengalami masalah.
 
"Ini kegiatan rutin setiap tahun. Kami berkoordinasi dengan semua kantor Basarnas di Indonesia terkait siaga Lebaran," kata Ketua Jaga Posko Basarnas Fajrin Hakim saat berbincang dengan Medcom.id di Gedung Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jakarta Pusat, Rabu 29 Mei 2019.
 
Fajrin mengatakan 3.500 personel bersiaga di lapangan. Sejumlah personel lainnya disiagakan di dalam gedung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, Basarnas menyediakan 354 posko Lebaran di seluruh Indonesia. Sebanyak 47 posko di antaranya berada di Pulau Jawa.
 
Saat Lebaran, kata Fajrin, Basarnas membantu masyarakat bila ada kecelakaan. Termasuk mencari orang hilang. Namun, peristiwa itu kasuistis sehingga jarang dilakukan.
 
Baca juga:3.500 Personel Basarnas Disiagakan Selama Lebaran 2019
 
"Karena kami membantu Kemenhub. Posko di tiap jalur mudik hanya membantu kalau ada kecelakaan di darat dan laut," ujar Kepala Seksi (Kasi) Sertifikasi Direktorat Bina Tenaga Basarnas itu.
 
Dia mengatakan Basarnas bersiaga di darat, laut, dan udara. Di darat, Basarnas bekerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub), kepolisian, dan pemerintah daerah. Mereka dibekali alat utama seperti mobil dan truk keselamatan.
 
Sedangkan di laut, Basarnas bersiaga 24 jam memonitor angkutan laut. Titik siaga dipusatkan di pelabuhan dan objek wisata pantai.
 
Sementara untuk pengamanan di udara, mereka turut memonitor angkutan udara selama 24 jam. Helikopter Basarnas bersiaga di Posko Bandara.
 
"Kami juga ada jadwal untuk memantau dari udara. Pak Menteri Perhubungan (Budi Karya Sumadi) bahkan ikut memantau hari ini," pungkasnya.
 

(MEL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif