Penumpang Kereta Bandara Diprediksi Naik 150% Jelang Idulfitri
Kereta Bandara Soekarno-Hatta saat beroperasi pertama kali. Dok: Medcom.id/Hendrik Simorangkir
Tangerang:Tahun 2018 jadi tahun pertama stasiun Bandara Soekarno-Hatta melayani pengguna jasa saat mudik Idulfitri. Diperkirakan penumpang stasiun akan melonjak hingga 100 persen.

"Diperkirakan mendekati arus mudik, peningkatan terjadi hingga 100 persen lebih dibanding dengan hari biasa," ujar Kepala Stasiun Kereta Bandara Soekarno-Hatta Siswanto, Minggu, 3 Juni 2018.


Jumlah penumpang hanya mencapai 2 ribu orang di hari biasa . Sedangkan pada hari libur, meningka menjadi 3 ribu-4 ribu penumpang per hari.

Lonjakan di musim lebaran ini diprediksi mencapai 5 ribu penumpang per hari. Untuk mengantisipasi lonjakan tersebut, pengelola stasiun mengoperasikan 30 gerbong dengan kapasitas sekali angkut 272 penumpang

"Jadi dengan lonjakan saat arus mudik lebaran, kapasitas kereta bandara sangat memadai," katanya.

Tingkat keterisian kursi kereta bandara hanya mencapai 50 persen dari ketersediaan keseluruhan kursi yang ada. Dengan 50 pergerakan per harinya, kereta bandara bisa melakukan layanan maksimal dengan on time schedule

Pengelola stasiun kereta bandara telah menyiapkan berbagai fasilitas penunjang dan keamanan yang memadai. Di antaranya, mesin tiket otomatis dan boarding pass otomatis.



(SUR)