Peningkatan terjadi pada moda transportasi darat, seperti bus dan kereta di mana kota Semarang, Yogyakarta, dan Malang menjadi tujuan favorit. (Foto Ilustrasi: Antara/Dhedez Anggara)
Peningkatan terjadi pada moda transportasi darat, seperti bus dan kereta di mana kota Semarang, Yogyakarta, dan Malang menjadi tujuan favorit. (Foto Ilustrasi: Antara/Dhedez Anggara)

Ini Destinasi Favorit Domestik dan Internasional saat Libur Lebaran

Ramadan program mudik
Raka Lestari • 15 Mei 2019 14:30
Puncak arus mudik akan terjadi pada 31 Mei mendatang. Kendati masih dua minggu lagi, kesibukan sudah melanda para pemudik. Tak hanya pemudik, libur lebaran juga dimanfaatkan oleh beberapa orang untuk berlibur ke luar negeri.
 
Jakarta:
Lebaran memang beberapa minggu lagi, meski demikian banyak orang yang sudah bersiap-siap untuk mudik ke kampung halaman. Sehingga ada banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan mudik. Salah satunya adalah tempat tujuan mudik dan moda transportasi yang akan digunakan.
 
Menjelang libur lebaran 2019 ini, kebutuhan transportasi angkutan mudik semakin meningkat. Berbagai moda transportasi menjadi pilihan para pemudik mulai dari darat, laut, hingga udara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan riset Kementerian Perhubungan (Kemenhub), puncak arus mudik lebaran diperkirakan akan jatuh pada 31 Mei 2019. Namun Kemenhub menyatakan bahwa pemudik yang akan menggunakan moda transportasi udara akan menurun. Peningkatan justru terjadi pada moda transportasi darat, seperti bus dan kereta.
 
Iko Putera, Head of Growth Management Traveloka mengatakan pada lebaran tahun ini beberapa tujuan seperti Surabaya, Denpasar, Medan, Pekanbaru, Balikpapan dan Batam merupakan destinasi favorit menggunakan pesawat.
 
Sedangkan untuk penggunaan moda transportasi darat menggunakan bus masih menjadi destinasi favorit. Beberapa kota tujuannya adalah Semarang, Yogyakarta, dan Malang.
 
Sementara untuk destinasi internasional, negara-negara seperti Malaysia, Thailand, dan Singapura masih menjadi favorit di ASEAN. Untuk Asia sendiri, Tiongkok, Jepang, dan Korea masih yang terdepan untuk para wisatawan.
 
“Berdasarkan riset yang kami lakukan, animo masyarakat terhadap moda transportasi pesawat masih cukup tinggi. Namun pada tahun ini, permintaan terhadap moda transportasi darat meningkat secara signifikan yaitu mencapai hingga 30 persen untuk kereta api dan 300 persen untuk bus antar kota dibandingkan dengan periode normal,” kata Iko dalam acara Tren dan Persiapan Mudik Lebaran Tahun 2019 oleh Traveloka.
 
Iko juga mengatakan bahwa puncak pembelian tiket antar moda transportasi berbeda-beda. Seperti kereta, yang puncaknya terjadi pada 90 hari sebelum lebaran.
 
"Namun biasanya akan terjadi perubahan jika ada kereta tambahan. Untuk pesawat dan bus, biasanya puncak pembelian tiket berada pada H-14 atau H-15," tegas Iko.
 
PuasaPedia - Ngabuburit

 

(FIR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif