Menhub Temukan Bus Belum Diuji Kelaikan di Surabaya
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menemukan sejumlah bus belum diuji kelaikan (ramp check) di Terminal Purabaya, Surabaya, Jawa Timur. Medcom.id/Syaikhul Hadi
Sidoarjo:Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menemukan sejumlah bus belum diuji kelaikan (ramp check) di Terminal Purabaya, Surabaya, Jawa Timur. Tak sedikit pula ditemukan bus tak berstiker resmi.

Temuan dalam  inspeksi mendadak di kawasan transportasi darat Terminal Purabaya membuat Menhub heran. "Ini mana sopirnya," tanya Budi saat sidak di Terminal Purabaya, Sabtu, 9 Juni 2018.


Saat ditanya, sopir menyebut busnya belum diuji laik jalan oleh petugas Dishub. Budi menegaskan, semua armada yang akan beroperasional untuk arus mudik lebaran harus lolos uji laik jalan.

"Semua armada bus yang ada di Terminal Bungurasih harus sudah melalui ramp chek. Jika tidak, akan diberi sanksi atau ijinnya akan dicabut," tegas Budi.

Budi langsung turun memeriksa secara langsung atas kondisi bus laik jalan.  Mulai kondisi kaca, wiper, ban, dan kelengkapan surat-surat kendaraan.

Budi juga menemukan bus yang terparkir di Terminal Purabaya belum tertempel sticker. Dia mengistrusikan agar seluruh angkutan mudik mengikuti aturan.

"Sesuai dengan perintah Pak Presiden semua alat transportasi umum dan lainnya, dalam mudik Lebaran 2018, kondisinya harus baik," tambahnya.

Budi juga sempat berbincang-bincang dengan penumpang bus. Penumpang diminta tidak segan-segan melaporkan sopir yang ugal-ugalan.

Sebelum melakukan inspeksi mendadak di Terminal Bungurasih, Menhub RI, Budi Karya Sumadi juga melakukan sidak di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id