Ilustrasi Terminal Pulo Gebang - Medcom.id/Damar iradat.
Ilustrasi Terminal Pulo Gebang - Medcom.id/Damar iradat.

Sopir Terminal Pulo Gebang Cek Kesehatan Sebelum Angkut Pemudik

Ramadan Mudik Lebaran 2019
Candra Yuri Nuralam • 19 Mei 2019 10:27
Jakarta: Kepala Terminal Pulo Gebang Emiral August Dwinanto menyebut setiap sopir bus wajib melakukan tes kesehatan sebelum membawa penumpang untuk mudik Lebaran 2019. Jika tidak lolos tes, bus tidak akan bisa mengangkut pemudik.
 
"Bus itu minimal ada dua pengemudi. Pengemudi utama dan pengemudi cadangan. Kalau di antara satu sakit tentunya dia enggak boleh mengemudi, kalau keduanya sakit tentunya dilarang jalan," kata Emiral saat berbincang dengan Medcom.id, Sabtu 18 Mei 2019.
 
Emiral menyebut kedua sopir harus lolos tes kesehatan. Jika salah satu supir dinyatakan tidak laik mengemudi, pihak terminal akan langsung menghubungi P.O bus yang bersangkutan untuk dicarikan sopir pengganti. Kebijakan itu dilakukan untuk meminimalisir kecelakaan lalu lintas saat musim mudik Lebaran 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(Baca juga:Korlantas Cek Kesiapan Rekayasa Satu Arah Mudik Lebaran)
 
Dia mengungkapkan berdasarkan data pemeriksaan kesehatan, kebanyakan sopir tidak lolos tes lantaran mengabaikan faktor keletihan. Jika seperti itu, dokter yang memeriksa akan memberikan vitamin serta meminta sopir untuk istirahat.
 
"Kebanyakan hasil dari pemeriksaan dokter itu karena kelelahan dan dianjurkan istirahat dulu setelah diberi obat," ujar Emiral.
 
Penggantian sopir juga harus berdasarkan peraturan yang berlaku. Sopir yang menggantikan harus terdaftar dalam data di Terminal Pulo Gebang dan bukan sopir tembak.
 
"Pengemudi dia harus yang dipekerjakan oleh perusahaan, pengemudi yang tentunya tercatat di perusahaan bukan sopir tembak," tegas Emiral.
 
Musim mudik di Terminal Pulo Gebang dimulai pada 29 Mei 2019 atau H-7 Lebaran hingga H+7 Lebaran. Puncak arus mudik diprediksi terjadi pada H-6 atau H-5 Lebaran. "Nanti H+7 akan yang paling banyak pemudik pulang, hari itu juga hari terakhir masa mudik 2019," ujar Emiral.
 

 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif