Kepala Bagian Ops Korlantas Polri Kombes Benyamin
Kepala Bagian Ops Korlantas Polri Kombes Benyamin

Polri Tekan Angka Laka Lantas Saat Mudik

Ramadan Mudik Lebaran 2019
Kautsar Widya Prabowo • 22 Mei 2019 03:20
Jakarta: Polri melalui Korps Lalu Lintas (Koralantas) akan mengawal penuh arus mudik 2019. Kepala Bagian Ops Korlantas Polri Kombes Benyamin berharap ritual tahunan itu dapat berjalan dengan tertib, lancar dan aman.
 
"Untuk keselamatan target kita akan kecelakaan menurun jika dibandingkan 2018 dengan 2017 kita tertekan dapat turun 20 persen," ujar Benyamin disela-sela diskusi di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Selasa, 21 Mei 2019.
 
Menurunnya angka kecelakaan tersebut ia yakini dapat terwujud dengan kesiapan jalan bebas hambatan atau tol yang telah memadai. Serta jalan non tol yang juga telah siap untuk dilalui kendaraan roda dua, agar tidak lagi menyumbang angka kecelakaan terbesar selama arus mudik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kesadaran masyarakat untuk tertib berkendara bagus, fasiltas (jalan) bagus, sarana dan prasarana oleh pemerintah sudah disiapkan, itu yang kami harapkan semua dapat mendukung menurunya angka kecelakaan," imbuhnya.
 
Selain itu, agar pemudik dapat segera sampai ke tempat yang dituju, pihaknya juga sudah memetakan titik kemacetan yang mendapat perhatian khusus. Titik kemacetan tersebut terjadi saat H-7 sampai dengan H+7 hari raya.
 
"Pertama jalan tol Cikampek, di Limbangan sekitar Garut, jalur Pejagan sampai Purwokerto, dan dulu kalau setiap ada rel kereta apa macet sekarang tidak sudah ada underpass," tuturnya.
 
Lebih lanjut, pihaknya juga akan melakukan rekayasa lalu lintas disejumlah titik kemacetan, seperti di jalan Pantura di simpang Jomin hingga ke Bekasi. Serta jalur yang menuju ke Pelabuhan merak dan ketapang juga kan dilakukan rekayasa lalu lintas.
 
"Kalau cuaca baik saya yakin tidak ada kemecatan (jalur menuju pelabuhan Ketapang dan Merak) sampai di jalan tol, kalau cuaca tidak bersahat (kemacetan) bisa sampai jalan tol," pungkasnya.

 

(ADN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif