652 Ribu Kendaraan Kembali ke Jakarta
Ilustrasi. Foto: Medcom: Ekawan.
Jakarta: Sebanyak 652 ribu kendaraan masuk ke Jakarta selama sepekan usai lebaran. Data itu merupakan yang tercatat di Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama (Cikarut). 

Customer and Employee Relation Assistant Manager Corporate Communications PT Jasa Marga Panji Satriya menyatakan, volume akumulasi arus balik ini meningkat 52 persen ketimbang waktu normal dengan periode yang sama.


"Lalu lintas harian normal sebanyak 428 ribu kendaraan," kata Panji dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 23 Juni 2018. 

Panji memerinci, sebanyak 90 ribu kendaraan kembali ke Jakarta sehari setelah lebaran. Angka ini meningkat 27 persen ketimbang volume lalu lintas normal yang sebanyak 71 ribu kendaraan. 

Senin, 18 Juni, sebanyak 116 ribu kendaraan masuk Jakarta lewat GT Cikarut. Terjadi peningkatan volume kendaraan sebesar 63 persen. 

Sebanyak 130 ribu kendaraan masuk ke Jakarta pada Selasa, 19 Juni. Angka ini meningkat 82 persen dari volume lalu lintas normal. 

Kemudian, 125 ribu kendaraan masuk Jakarta pada Rabu, 20 Juni. Esok harinya, ada 96 ribu kendaraan yang kembali ke Ibu Kota. 

"Jumat, 22 Juni sebanyak 94 ribu kendaraan masuk ke Jakarta, naik sebesar 32 persen dari lalu lintas normal," ujarnya. 

Hari ini, Jasa Marga memprediksi 108 ribu kendaraan akan melintasi GT Cikarang Utama. Jumlah ini lebih tinggi 52 persen jika dibandingkan dengan kondisi normal, yang sebanyak 71 ribu kendaraan.

Jasa Marga mengimbau pengguna jalan tol yang hendak kembali ke Jakarta mengatur waktu keberangkatan guna menghindari kepadatan lalu lintas. Selain itu, pengendara juga harus memastikan kecukupan bahan bakar hingga saldo uang elektronik sebelum memasuki jalan tol.



(AGA)