Uji coba contra flow di  ruas Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Cikunir. (ANT/	Risky Andrianto)
Uji coba contra flow di ruas Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Cikunir. (ANT/ Risky Andrianto)

Gerbang Tol Cikunir Jadi Kunci Penerapan Contraflow

Ramadan Mudik Lebaran 2019
Antonio • 24 Mei 2019 14:17
Bekasi: Gerbang Tol (GT) Cikunir menjadi perhatian khusus PT Jalantol Lingkar Luar Jakarta (JLJ) untuk arus mudik dan balik Lebaran 2019. Pasalnya, kerap terjadi kepadatan di gerbang tol yang bersinggungan langsung dengan Tol Jakarta Cikampek.
 
Direktur Utama PT JLJ, Ricky Distawardhana, mengatakan akan ada pengaturan lalu lintas untuk memperlancar arus kendaraan di Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) seksi E1, E2 dan E3 yang hendak masuk ke Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek.
 
"Pada ramp (jalan penghubung) menuju Cikampek kita akan alihkan, teruskan ke arah off ramp (pintu keluar tol) Kalimalang. Kemudian berputar arah, berbalik masuk lagi ke Cikunir satu ke arah Cikampek," jelasnya, di Bekasi, Jawa Barat, Kamis 23 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengungkap, pihaknya juga mempersiapkan rekayasa lalu lintas berupa pemberlakuan contra flow (lawan arus). Rekayasa lalu lintas contra flow dilakukan perdana pada mudik tahun ini.
 
"Apabila antrean (GT) Cikunir panjang sampai Jatiasih atau Taman Mini kami akan melakukan contra flow ke arah Cikunir, yaitu dari km 41+200 sampai km 45+500," ujarnya.
 
Pihaknya juga bakal menambah petugas bersepada motor untuk memantau kondisi lalu lintas. Patroli motor bakal ditempatkan di simpang susun (interchange) Cikunir.
 
"Agar kalau sudah padat, kita menggunakan motor," tuturnya.
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif