Puncak Mudik di Tanjung Priok Pada H-2
Ilustrasi pemudik. Foto: Antara/Vitalis Yogi Trisna
Jakarta: Puncak arus mudik di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, diprediksi terjadi pada Rabu, 13 Juni 2018, atau dua hari sebelum Lebaran. Tiga kapal komersial dan satu kelompok arus mudik gratis akan diberangkatkan.

Pelaksana Tugas Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Lollan Panjaitan mengatakan ada sebanyak 4.700 penumpang yang akan diberangkatkan melalui program mudik gratis, dengan okupansi mencapai 90 persen.


"Selain itu, ada dua hingga tiga kapal lainnya di jadwal reguler," ujar Lollan dikutip dari Antara, Senin, 11 Juni 2018.

Lollan belum memperkirakan jumlah penumpang yang akan berangkat pada puncak arus mudik di Tanjung Priok. Namun, ia meyakini penumpang pada arus mudik dan balik tahun ini akan meningkat 10 persen, menjadi 64.500 penumpang dari 58.700 penumpang pada tahun lalu.

Pelabuhan Panjang, Lampung, masih menjadi tujuan mayoritas pemudik. Adapula pemudik yang menuju Pangkal Balam (Bangka), Surabaya, Batam, dan Belitung.

Menurut dia, kapal laut belum menjadi pilihan utama bagi pemudik. Sehingga, kecil kemungkinan dikeluarkannya kapal tambahan. "Rata-rata okupansi 70 persen dan masih teratasi," ujar dia.

Berdasarkan data otoritas pelabuhan dari  H-15 hingga H-6, sebanyak 9.300 pemudik sudah berangkat dan 10 ribu penumpang turun di pelabuhan Tanjung Priok.



(AZF)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id