Pemudik Diimbau Menyeberang Merak-Bakauheni di Siang Hari
Sejumlah petugas mengatur antrean kendaraan roda empat yang akan masuk kapal ferry di Pelabuhan Merak Banten, Selasa (12/6). (Foto: Antara/Asep Fathulrahman).
Banten: PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengimbau para pemudik yang melalui Pelabuhan Merak bergerak di siang hari. Hal tersebut untuk menghindari kepadatan arus mudik yang kerap terjadi di malam hari.

Direktur utama ASDP Ira Puspadewi menyebut para pemudik biasanya melakukan perjalanan pada malam hingga menjelang fajar. Sementara di siang hari kondisi lalu lintas relatif lengang.


"Ayo berangkat pas siang hari, atau paling tidak datang sesudah buka puasa agar lebih lancar dan nyaman dan tidak terjebak macet," kata Ira dalam diskusi bertajuk mudik di Kantor ASDP Merak, Banten, Selasa, 12 Juni 2018.

Pihaknya juga bakal memberikan hadiah berupa sepeda motor bagi pemudik yang berangkat di siang hari dan memesan tiket secara online. "Online sangat saya sarankan karena utilisasi sangat rendah, dan khusus itu dapat hadiah motor," tutur Ira.

Corporate Secretary ASDP Imelda Alini mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai persiapan dan antisipasi untuk memberi pengalaman berkesan bagi para pemudik saat menikmati layanan penyeberangan ASDP.

Adapun fasilitas umum yang disediakan di terminal penumpang berupa klinik, ruang menyusui, arena bermain anak, toilet bersih, anjungan terminal penumpang yang nyaman, musala, hingga area parkir. Pemudik kapal ferry dapat memanfaatkan sejumlah fasilitas pendukung di pelabuhan selama melakukan perjalanan mudik. 

"Tidak perlu khawatir, kami telah menambah sejumlah fasilitas pendukung layanan bagi pengguna jasa di pelabuhan yang dibutuhkan selama mudik. Mulai dari toilet bersih di Pelabuhan Merak, kini kami siapkan 100 unit, 20 unit di antaranya portable toilet yang dapat diakses di sejumlah titik pelabuhan," ujar Imelda. 

ASDP juga menyiapkan fasilitas keselamatan dan keamanan, di antaranya mobil ambulans sebanyak 3 unit, perahu karet 3 unit, mobil derek 1 unit, damkar 1 unit, dan shuttle bus berjumlah 6 unit. 

Bagi pengguna jasa yang ingin beribadah, lanjutnya, di Pelabuhan Merak tersedia 6 musala dan 1 masjid. Bahkan, di Pelabuhan Merak juga telah disiapkan 5 klinik umum, 5 klinik gigi, dan ruang menyusui.

Selama layanan angkutan Lebaran, PT ASDP juga memberikan makanan ringan, masker hingga takjil kepada pengguna jasa secara gratis di atas kapal ASDP. Bahkan, ASDP juga memberikan mainan balon tepuk bagi penumpang anak-anak di atas kapal.

ASDP memberikan gimmick berupa topi dan kaos untuk 1.000 pembeli tiket online yang melakukan check in pada pukul 09.00-16.00 WIB.



(HUS)