Pada masa-masa libur Lebaran, setiap tahunnya warga Jakarta yang ingin mudik ke daerah Jawa Tengah maupun Jawa Timur memang kerap menyerbu Stasiun Pasar Senen. Tak heran, penumpang kerap membludak pada masa libur Lebaran saat ini.
Membludaknya penumpang kereta api di Stasiun Pasar Senen, ternyata tidak dibarengi fasilitas ruang tunggu penumpang. Meski terdapat dua ruang tunggu laik pakai di utara dan selatan, kedua ruang tunggu tersebut tak mampu menampung seluruh penumpang yang ada.
Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?
Masih banyak penumpang yang beristirahat menanti gerbang peron tujuan mereka dibuka di ruang-ruang yang sejatinya bukan untuk menunggu, seperti musala dan di bagian luar ruang tunggu. Hal ini malah membuat Stasiun Pasar Senen terlihat kumuh dan kotor, karena para penumpang menggunakan kardus-kardus bekas untuk dijadikan alas duduk.
Salah seorang penumpang, Asep (48), warga Bogor, mengeluhkan minimnya fasilitas ruang fasilitas yang ada. Asep menggunakan fasilitas musala sebagi ruang tunggu seperti penumpang yang lain.
"Sebetulnya kondisi ini kan, sudah menjadi budaya. Apalagi pas lebaran, kenyamanan para konsumen harus ada," keluh Asep kepada Metrotvnews.com.
"Hal-hal seperti ini yang harus jadi perhatian pihak pengelola. Ramai kan pada saat arus mudik saja. Kalau mereka komitmen untuk berikan pelayanan, pasti fasilitas maksimal. Kalau kurang tentu akan ditambah," lanjut dia.
Senada dengan Asep, Yonni (69), warga Madiun yang pada kesempatan Lebaran tahun ini mengunjungi adiknya di Bogor juga mengeluhkan hal yang sama. Tapi, dia dapat memakluminya.
"Karena Lebaran aja makanya dimaklumin. Fasilitas sih masih terasa kurang. Walaupun, sekarang sudah jauh lebih baik," kata dia.
Yonni bahkan sempat bermalam di Stasiun Pasar Senen karena ketinggalan kereta. Dia ditemani adiknya, Sarmi (40), warga Bogor dan dua anaknya.
"Iya, sudah dari semalam di sini. Kasihan aja anak-anak harus tidur di luar begini. Kalau tidur di ruang tunggu juga susah, ramai di dalam," beber Sarmi.
Sementara itu, Kepala Stasiun Pasar Senen, Rochmat Malkin Zainul mengaku jika pada arus mudik dan balik Lebaran 2015 ini, baik dirinya dan seluruh pegawai telah maksimal melayani para penumpang.
"Sejauh ini semua berjalan lancar. Layanan kita kepada masyarakat tetap optimal sampai hari ini. Seluruh petugas disiagakan, seluruh fungsi layanan juga dimaksimalkan. Kalau ada yang kurang, pasti akan terus diperbaiki," papar dia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News (OJE)