ASDP Siapkan 20 Bus untuk Difabel hingga Ibu Hamil
ilustrasi. Medcom.id/M Reysa.
Lampung:ASDP Pelabuhan Bakauheni menyiapkan 20 bus khusus untuk pemudik difabel, lansia, ibu hamil, dan menyusui, agar tidak berdesakan di terminal. Dengan tarif murah, pemudik ini diantar sampai ke terminal Rajabasa Bakauheni.

Sebanyak 20 bus yang disediakan hanya beroperasi pada malam hari. Pemudik akan diarahkan oleh anak-anak pramuka dan petugas menuju lokasi bus yang berada di depan kantor ASDP.


"Semua bus didata oleh anak-anak Pramuka, jika dirasa cukup, maka sopir akan segera berangkat menuju Bandar Lampung. Rencananya, bus ini akan dioperaiskan hingga arus balik mudik Lebaran," ungkap salah satu sopir bus, Marzuki, Kamis, 14 Juni 2018.

Khusus penumpang bus tersebut, Marzuki mengaku, akan mengantar pemudik dari Pelabuhan Bakauheni hingga terminal Rajabasa, Bandar Lampung, dengan tarif sebesar Rp30 ribu. Jarak yang ditempuh sekitar dua jam 30 menit. 

Bus yang digunakan memiliki panjang sekitar delapan meter dengan fasilitas AC dan full musik. Kapasitas penumpang hingga 45 orang. Penumpang tidak diperbolehkan berdiri, jika tidak muat maka dipindahkan ke bus yang lain.

"Pada umumnya, penumpang bus ini lebih didominasi anak-anak dan lansia," jelas Marzuki.

Pada kesempatan yang sama, Gunawan, penumpang bus menyatakan, sopir bus yang mengangkut kebanyakan mengutamakan kenyamanan para penumpang. Bayangkan saja, kecepatan maksimalnya hanya 60 kilometer (km) per jam.

"Bus juga hanya beroperasi pada malam hari," ujar Gunawan.

(Metro Tv)



(AZF)