Tol Tanjung Morawa-Parbarakan Bakal Beroperasi Saat Mudik
Pengendara melaju di lokasi proyek jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, di Deli Serdang, Sumatra Utara. (Foto: Antara/Irsan Mulyadi).
Medan: PT Jasa Marga (Persero) berencana melakukan uji coba Jalan Tol seksi Tanjung Morawa-Parbarakan, Deli Serdang, Sumatera Utara pada 9 Juni mendatang. Hal tersebut dilakukan guna mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2019. 

"Tol Tanjung Morawa-Parbarakan itu sudah selesai dibangun dan sudah laik fungsi, sehingga sudah bisa dioperasikan," kata Direktur Teknik dan Operasional PT Jasa Marga Kualanamu, Agus Choliq seperti dilansir dari Antara, Kamis, 7 Juni 2018.


Ruas Tol Tanjung Morawa-Parbarakan merupakan bagian dari ruas tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi. Rencananya, uji coba ruas tersebut tidak dikenakan tarif.

"Semoga izin operasional dari Kementerian PUPR keluar sesuai rencana atau harapan sehingga tanggal 9 Juni bisa diuji coba," tandasnya. 

Gubernur Sumatera Utara HT Erry Nuradi menyambut baik rencana uji coba tersebut. Ruas Tol Tanjung Morawa-Parbarakan diyakini mampu menambah kelancaran arus mudik Lebaran. 

"Jalan tol seksi Tanjung Morawa-Parbarakan sepanjang 10,75 kilometer itu dipastikan akan menambah kelancaran arus mudik Lebaran di Sumatera Utara. Pemprov Sumut berharap sebelum Lebaran sudah dioperasikan," katanya. 

Jalan tol seksi Tanjung Morawa-Parbarakan akan menambah kelancaran arus kendaraan ke Bandara Kualanamu. Selain itu jalan tol ini juga diyakini akan memudahkan akses menuju Tebing Tinggi melalui Tol Sei Rampah. 



(HUS)