Calon penumpang di Bandara Adisutjipto Yogyakarta. (ANT/Hendra Nurdiyansyah)
Calon penumpang di Bandara Adisutjipto Yogyakarta. (ANT/Hendra Nurdiyansyah)

Rekayasa Lalu Lintas ke Bandara Adisutjipto Disiapkan

Ramadan Mudik Lebaran 2019
Ardi Teresti Hardi • 29 Mei 2019 15:44
Yogyakarta: Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyiapkan rekayasa lalu lintas di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta. Rekayasa lalu lintas dilakukan untuk mengantisipasi macet ke arah bandara.
 
"Kami telah mengantisipasi dengan Kabupaten Klaten agar jalan menuju arah Sleman diarahkan lewat utara Candi Prambanan," kata Kepala Dishub Provinsi DIY, Sigit Sapto Raharjo, Rabu, 30 Mei 2019.
 
Sigit mengungkap, kendaraan dari Klaten, Jawa Tengah, menuju Purworejo, Jateng, dan Sleman, DIY untuk tidak melalui jalan mengarah bandara. Pemudik dari Klaten ke Purworejo akan dialihkan melalui Piyungan, DIY.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, rekayasa lalu lintas juga dilakukan agar Kota Gudeg tidak padat kendaraan. Yakni dengan cara, lampu merah ke arah Yogyakarta diperlama. Sedangkan, yang keluar kota Yogyakarta lampu hijaunya diperpanjang.
 
Dia memprediksi, jalan menuju objek wisata di Kota Pelajar itu bakal padat pada H+2 hingga H+5 Lebaran. Dia meminta pemudik dan wisatawan waspada terhadap daerah rawan kecelakaan, antara lain di Gunungkidul, tanjakan Tebing Breksi, objek wisata di Dlingo, objek wisata di kaki Gunung Merapi, dan Kalibiru.
 
"Kami akan siapkan rekayasa lalu lintas di sana," kata dia.
 
Dia mencontohkan, rekayasa lalu lintas yang dilakukan adalah melarang bus besar naik ke Dlingo lewat Imogiri. Selain itu, bus besar juga dilarang naik ke Tebing Breksi.
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif