Bamsoet Sebut Mudik Lebaran Tahun Ini Lebih Lancar
Ketua DPR Bambang Soesatyo - Medcom.id/Ilham Wibowo.
Jakarta: Ketua DPR Bambang Soesatyo memuji kerja pemerintahan Presiden Joko Widodo yang membangun infrastruktur jalan tol dari Jakarta hingga Surabaya. Sebab jalan tol tersebut sudah dapat dinikmati masyarakat, sehingga mudik Lebaran tahun ini menjadi lebih lancar.

"Mudik Lebaran tahun menjadi lebih lancar meskipun masih ada beberapa ruas jalan tol yang belum beroperasi normal. Tapi masih difungsikan untuk kepentingan pemudik," kata Bambang Soesatyo melalui pernyataan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Senin.


Menurut Bambang yang akrab disapa Bamsoet ini, hasil kerja keras pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam pembangunan ruas jalan tol lintas Jawa sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Sehingga mudik Lebaran menjadi lebih lancar.

"Saya yakin, para pemudik merasakan perbedaannya. Pesan saya, para pemudik agar berhati-hati di jalan tol. Jaga kondisi fisik dan kesehatan, serta jaga kondisi kendaraan," ucapnya.



Sebelumnya, Bamsoet bersama sejumlah pejabat negara, meninjau arus mudik mulai dari Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur, pada Minggu, 10 Juni 2018. Rombongan peninjauan arus mudik itu antara lain, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani.

Selanjutnya Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala Badan SAR Nasional Marsdya Muhammad Syaugi, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR Herry Zuna, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi serta Dirut Jasa Marga Desi
Arryani.

Bamsoet menjelaskan peninjauan arus mudik tersebut dilakukan menggunakan empat unit helikopter dan berangkat dari base ops Bandara Halim Perdanakusuma, pada pukul 08:00 WIB.

Lokasi pertama yang dikunjungi oleh Pos Polisi Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat, dan rombongan menerima paparan dari Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto.  

"Dari hasil pantuan di Pos Polisi Cikopo, terlihat arus mudik sudah ramai, tapi masih lancar terkendali. Saya yakin TNI, Polri, Badan Pengelola Jalan Tol, dan unit terkait lainnya selalu siaga menghadapi berbagai kemungkinan yang akan terjadi," katanya.  

Dari Pos Polisi Cikopo, Jawa Barat, rombongan kemudian menuju Stadion Karangbirahi, Brebes, untuk meninjau sejumlah jalur mudik di Jawa Tengah. Dari Brebes, rombongan melanjutkan perjalanan melalui jalur darat menuju Rest Area Panarukan. 

Dilanjutkan meninjau ke Pos Pelayanan di Gerbang Tol Kertasari
dan menerima paparan dari Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono.

Menurut Bamsoet, tol Kertasari yang baru dibuka, Jumat, 8 Juni 2018, langsung diramaikan para pemudik, karena dapat memperpendek waktu tempuh perjalanan dari Brebes ke Semarang yang semula empat jam menjadi 2,5 jam. Rombongan kemudian melanjutkan peninjauan ke Pos Pelayanan di Rest Area KM 575 Ngale, Paron, dan menerima menerima paparan dari Kapolda Jawa Timur Irjen Machfud Arifin. 

Dari lokasi ini, kata Bamsoet, terpantau ada ruas tol Ngawi-Solo yang difungsionalkan sehingga dapat mengurai kemacetan yang
biasanya terjadi di arteri Ngawi Mantingan perbatasan dengan Sragen Jawa Tengah.



(YDH)