Ilustrasi. MI/Ramdani
Ilustrasi. MI/Ramdani

DIY Diprediksi Lebih Padat saat Arus Balik

Ramadan Mudik Lebaran 2019
Ahmad Mustaqim • 27 Mei 2019 15:14
Yogyakarta: Arus balik Lebaran 2019 dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diperkirakan lebih padat dibanding arus mudik. Pengguna moda transportasi juga ditaksir banyak dari luar daerah.
 
"Yogyakarta ini memang tujuan mudik, tapi akan lebih besar kendaraan masuk saat arus balik," kata Kepala Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (Polda DIY), Inspektur Jenderal Ahmad Dofiri di kantornya pada Senin, 27 Mei 2019.
 
Peningkatan volume kendaraan pribadi diperkirakan mencapai 40 persen selama arus mudik. Kepadatan kendaraan diprediksi lebih tinggi saat masa arus balik karena DIY menjadi salah satu tujuan wisata keluarga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Arus balik nanti juga akan banyak (terjadi) di stasiun, terminal, dan kereta api," ujar Dofiri.
 
Kendaraan pribadi ini diperkirakan banyak tertuju ke berbagai obyek wisata di Yogyakarta. Kawasan Gunungkidul akan menjadi salah satu perhatian. Banyaknya obyek wisata menjadi magnet pengguna kendaraan pribadi.
 
Dofiri mengatakan jalur-jalur di kawasan Gunungkidul paling harus diwaspadai. Jalur beberapa kawasan banyak tikungan dan turunan/tanjakan curam. Misalnya di jalur masuk Kabupaten Gunungkidul yang terdapat di kawasan Bantul, yakni jalur Cinomati, sangat membahayakan.
 
"Jalur Cinomati tidak direkomendasikan pengendara dari luar daerah. Ini biasanya dilakukan pengendara luar daerah. Mereka ini kebanyakan tak tahu medan jalan, meskipun jalannya memang cukup bagus," ujarnya.
 
Banyak pengemudi luar daerah yang kerap tak sigap melintasi jalur itu. Akibatnya, kendaraan yang idealnya bisa melintasi jalur justru berubah menjadi petaka.
 
"Meski demikian, kita akan tetap pasang pos pengamanan di sana. Kami beritahukan ke masyarakat akan sebisa mungkin menghindari jalur itu," ujarnya.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif